Pemkab Bolsel Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-turut dari BPK-RI

0

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dibawah kepemimpinan Bupati Hi. Iskandar Kamaru,S.Pt, M.Si bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023, digedung kantor BPK Prov. Sulut di Manado, Jumat (3/5/2024).

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tahun 2023 diserahkan langsung Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diterima langsung Bupati Hi. Iskandar Kamaru,  S.Pt M.Si.

WTP kali ini merupakan WTP yang ke 10 kalinya diraih oleh Pemkab Bolsel secara berturut-turut.

Kepala BPK RI Sulawesi Utara Arief Fadillah menjelaskan bahwa kendala-kendala yang terjadi dalam pelaporan termasuk dari Aplikasi maupun pemilu dan banyak lagi lainnya. “Pemeriksaan atas laporan keuangan adalah bagian dari tugas konstitusi BPK,” pungkasnya.

Kepala BPK-RI Perwakilan Sulut mengatakan BPK memberikan Opini WTP kepada Bolaang Mongondow Selatan merupakan yang ke sepuluh kali, selain itu BPK juga menyerahkan LHP lima Kabupaten/Kota lain.

“WTP yang dicapai menunjukkan komitmen pemerintah Daerah se-Provinsi Sulut beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan yang tidak luput dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan,” jelasnya.

Dikatakannya, terkait temuan-temuan Ketua BPK RI berharap agar segera diminimalisir dan ditindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah diserahkannya LHP.

Sementara itu, Bupati Bolsel menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang tinggi kepada kepada seluruh OPD atas capaian ini. “Capaian ini tidak lepas dari kerja keras kita semua yang mampu mempertahankan opini WTP dari BPK-RI,”. Ungkapnya.

Diketahui, Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Bupati/Walikotavse Provinsi Sulut, Ketua DPRD, Sekda Bolsel, Kepala Inspektorat, Kaban Keuangan Kab/Kota serta jajaran dan tamu undangan.
(ADV/NL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.