Siptin Gunawan Sambut Baik Langkah Pemkab BS Buka Peluang Program Magang Luar Negeri

0

BENGKULU SELATAN – Anggota DPRD Bengkulu Selatan, Siptin Gunawan, mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam membuka peluang magang bagi masyarakat yang berkeinginan untuk belajar sambil bekerja di luar negeri.

Kabar gembira ini disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan (Disnakertrans) Bengkulu Selatan pada bulan Maret 2024.

Program magang ke luar negeri ini memberikan peluang bagi masyarakat Bengkulu Selatan untuk bekerja di negara-negara seperti Jepang, Taiwan, Korea, dan Malaysia.

Namun, peluang ini tidak datang begitu saja. Masyarakat yang berminat harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan mendaftar melalui Kantor Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Bengkulu Selatan.

Menurut Siptin Gunawan, program magang ke luar negeri ini merupakan kesempatan yang terbuka lebar bagi masyarakat.

“Ini peluang bagus, selain menambah pemasukan atau penghasilan, tentunya pengalaman yang didapatkan pastikan berbeda dari program magang di dalam negeri,” ungkap Siptin.

Terpisah, Kadis Nakertrans Bengkulu Selatan, Edi Susanto mengjelaskan, pendaftaran tidak lagi harus dilakukan di Provinsi Bengkulu, melainkan langsung di Kantor Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Bengkulu Selatan.

“Sesuai arahan dari Pak Gubernur, masyarakat Bengkulu Selatan tidak perlu ke Bengkulu. Pendaftaran sudah bisa dilakukan di Kantor Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan,” ujar Edi.

Peluang ini terbuka bagi masyarakat dengan kriteria tertentu, seperti lulusan SMA/SMK dengan usia antara 17 hingga 35 tahun. Meskipun sudah ada beberapa masyarakat yang mendaftarkan diri, Edi belum dapat memberikan detail mengenai jumlah pendaftar.

Edi menegaskan bahwa program magang ini gratis dan tidak ada pungutan apapun dari pemerintah. Masyarakat yang berminat diharapkan untuk tidak ragu dalam mendaftar dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

“Semuanya gratis, artinya tidak ada pungutan apapun dari pemerintah, jangan takut,” tegas Edi.

Program magang ke luar negeri ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bengkulu Selatan dalam meningkatkan keterampilan dan pengalaman kerja serta memperluas wawasan mereka di kancah internasional. (thor/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.