Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Diresmikan

0

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah (Pusda) yang digelar di Lapangan Sekundang Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, Kamis (14/12/23).

Peresmian gedung layanan pusda tersebut dihadiri dan diresmikan oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, yang didampingi Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.,MM, Dr Adin Bondar, M. Si selaku Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI, bapak Drs. Deni Kurniadi, M. Hum selaku Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI dan lain- lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Rohidin menyampaikan hadirnya gedung perpustakaan yang megah di Kabupaten Bengkulu Selatan sangat representatif dan strategis dalam meningkatkan literasi masyarakat berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan.

Ia juga menyampaikan bahwa gedung perpustakaan ini bukan hanya sebagai tempat menyimpan buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Saya berharap perpustakaan ini nanti dapat menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk belajar, membaca, dan mengembangkan potensi diri,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyampaikan dengan adanya Perpustakaan skala Nasional dan berbasis digital ini agar dapat meningkatkan minat baca kepada anak-anak Indonesia khususnya di Bengkulu Selatan.

“Apalagi anak-anak masa kini, yang biasa disebut dengan generasi milenial, memiliki pola pikir yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Oleh karenanya, dibutuhkan pendekatan-pendekatan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk menjangkau mereka. Sebab, sekarang ini memang sudah seharusnya terobosan-terobosan digital diperkenalkan,” ujarnya.

Tidak hanya itu ia berharap Pusda bisa menjadi central bagi masyarakat umum untuk dijadikan wadah ataupun tempat mendapatkan ilmu pengetahuan. Sehingga peningkatan indeks literasi masyarakat akan terwujudnya.

Selesai peresmian dilanjutkan dengan acara PILM ( Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat) untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan yg dipandu oleh Suwito, S. Sos, MM selaku moderator talkshow PILM, serta narasumber talkshow Barli Halim, SE, K.H Abdullah Munir, M.Pd, dan duta baca Dinas Perpustakaan Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2023, Latifa Khairun Nisa.

Peserta PILM dihadiri oleh 150 orang peserta dari berbagai kalangan, utusan dari Instansi, Camat, Pegiat Literasi, Perpustakaan Desa, Duta Baca, Bunda Literasi Kecamatan dan desa, SD, SMP dan SMA, Pkk dan Darmawanita, IPI serta tokoh masyarakat yang ada di Bengkulu Selatan. (MC/ASEP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.