Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Marsekal Pertama Ramot Sinaga Jamin TNI Netral

0

INDONESIAPOST.NET – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sam Ratulangi Manado, Marsekal Pertama TNI Ramot CP Sinaga, SE, M.Ham menegaskan TNI (Tentara Nasional Indonesia) bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu legislatif, pemilihan Presiden dan Pilkada.

“TNI lebih khusus TNI Angkatan Udara, pasti bersikap netral dalam pemilu legislatif, maupun Pemilihan Presiden dan Pilkada yg sudah diagendakan KPU berlangsung tahun 2024,” kata Danlanud Sam Ratulangi Manado Marsekal Pertama TNI Ramot CP Sinaga dihadapan puluhan wartawan, pangkalan TNI AU, di Manado, Selasa (23/1).

Menurut Ramot, selama Pemilu berlangsung di Indonesia, aparat TNI pasti netral, tidak memihak kepada siapapun.

“Tugas kami membantu menjaga keamanan agar kegiatan pesta demokrasi berlangsung aman dan terkendali. Tugas kami juga membantu menyalurkan kertas suara hingga ke pelosok daerah, seperti di pulau pulau. Tapi, kalau ada oknum aparat TNI AU yg dinilai tidak netral silahkan lapor ke saya akan ditindak sesuai aturan dan ketentuan yg berlaku,” tegas.

Namun ia sangat yakin dalam pelaksanaan Pemilu legislatif, pemilihan Presiden dan Pilkada, TNI netral.

Dalam pertemuan coffee morning yang bertajuk “Perkokoh sinergitas dengan wartawan untuk mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan,” juga diikuti sejumlah pejabat Utara TNI AU.

Ramot menyatakan berterima kasih kepada rekan rekan wartawan yang hadir memenuhi undangan coffee morning.

“Saya tidak menyangka kehadiran rekan rekan wartawan. Sebab, hanya dalam waktu sehari undangan yang disampaikan mendapat respon positif dari teman teman wartawan,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan berkesinambungan. ‘”Kalau perlu seminggu sekali kita buat kegiatan coffee morning,” katanya.

Sebab lanjut Ramot, melalui kegiatan ini disamping silahturahmi juga kita bersinergi saling memberikan informasi demi menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu Ketua PWI Sulut Drs Voucke Lontaan saat diberikan kesempatan berbicara mewakili para wartawan memberikan apresiasi kepada Danlanud Sam Ratulangi Manado yang menggagas kegiatan ini.

“Kami wartawan baik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), berterima kasih telah diundang berdialog dalam acara coffee morning,” ujarnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini Ketua AJI Manado Fransiskus, Sekretaris IJTI Sulut Donny Aray, dan puluhan wartawan media cetak, media online, dan media elektronik. (VL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.