Pj Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani Launching Aplikasi Siap Tertib

0

KOTAMOBAGU- Pj Wali Kota Kotamobagu Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, melaunching aplikasi siap tertib, di Lapangan Olahraga Desa Kopandakan Satu, Jumat 10 November 2023.

Kepala Dinas Sat Pol PP Sahaya Mokoginta S.STP., M.E mengatakan, bahwa aplikasi siap tertib atau Sistem Informasi Pelaporan Ketertiban dan Kebakaran ini, merupakan salah satu gagasan perubahan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat terkait dengan Layanan Keamanan , Ketertiban umum dan pelindung masyarakat.

“Masyarakat dapat mendownload aplikasi SIAP TERTIB ini di playstore dan apabila ada gangguan keamanan, trantibum dan bencana kebakaran maka dapat dilaporkan melalui aplikasi ini dengan cepat,” terang Sahaya.

Dengan sistem siap tertib ini, pelayanan kepada masyarakat terkait keamanan dan ketertiban maupun bencana kebakaran bisa direspon lebih cepat.

“Biasanya kalau ada kejadian, masyarakat masih cari nomor telepon Damkar, Satpol PP ataupun pihak keamanan untuk melaporkan. Nah dengan apikasi ini maka laporan terhadap kejadian yang emergency dapat segera diinformasikan,” terangnya

Selain itu, Sahaya menyebut jika aplikasi ini sangat memudahkan petugas. Ketika masyarakat memberikan laporan di tempat kejadian, maka otomatis laporan tersebut akan terkirim kepada tim pelaksana yang terdiri dari tim terpadu.

“Laporan yang disampaikan akan menunjukan lokasi kejadian secara otomatis oleh google maps, sehingga tim pelaksana maupun Tim terpadu akan sangat mudah melihat jalur dan lokasi Tempat kejadian, baik gangguan keamanan maupun lokasi bencana kebakaran,” ujarnya

Bahkan, untuk kelancaran pelaksanaan penanganan laporan ini, Pemerintah Kota Kotamobagu juga telah membuat nota kesepahaman dengan instansi seperti Polres Kotamobagu Kodim 1303, sub Denpom.

“Jadi mari masyarakat Kotamobagu silahkan buka playstore dan cari aplikasi SIAP TERTIB dan download untuk berjaga jaga apabila ada kejadian emergency disekitar kita,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan Forkopimda, para Asisten serta para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (Al)

Leave A Reply

Your email address will not be published.