Distan Kotamobagu Akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban di Sejumlah Titik

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) dalam waktu dekat bakal turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban di sejumlah lokasi.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Kotamobagu, Fenty Dilasandi Mifta, hal tersebut guna memastikan kesehatan hewan yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah nanti

“Pemeriksaan akan dilakukan 3 hari  sebelum dan sesudah idul adha. Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya guna memastikan hewan kurban itu sehat untuk disembelih,” ujar Fenty saat dihubungi, Jumat 23 Juni 2023.

Dikatakannya, pemeriksaan hewan ini penting dilakukan, sebab hewan yang akan disembelih nanti akan dikonsumsi masyarakat.

“Nantinya daging hewan kurban itu akan dibagi-bagikan ke masyarakat untuk dikonsumsi sehingga pemeriksaan kesehatan hewan ini wajib dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, drh. La Ode Maksar Muhuruna selaku dokter hewan di Distankan Kotamobagu menambahkan, ada 2 jenis pemeriksaan yang akan dilakukan nanti, yakni antemortem dan postmortem.

Antemortem sendiri terangnya merupakan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih, untuk mendeteksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), penyakit mata dan Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit kulit pada hewan.

“Selanjutnya, setelah hewan kurban disembelih masih akan dilakukan postmorten yakni pemeriksaan oragan-organ tertentu dan tanda-tanda penyakit berbahaya pada daging, hati, limpa, jantung, paru-paru dan usus hewan,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.