Bupati Iskandar Kamaru Ajak Warga Saling Menghargai Sikap Toleransi di Bolsel

0

BOLSEL- Bupati H. Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si  mengajak untuk saling menghargai sikap toleransi beragama di Bolsel, karena daerah ini terdiri dari berbagai suku dan agama yang hidup rukun berdampingan dan saling menghargai.

Hal tersebut diutarakan Bupati H. Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si saat Launching Rintisan KMB (Kampung Moderasi Beragama) Desa Tolotoyon Kecamatan Pinolosian di Balai Desa Tolotoyon, Rabu (31/5/2023) pagi.

Acara diawali laporan Kepala Kantor Kemenag Bolsel Drs. Nasri Sakamole M.Si yang menyebut bahwa program ini bertujuan untuk bisa menyatukan perbedaan agama atau kepercayaan agar saling menghargai dan menjunjung toleransi.

“Tolotoyon terpilih karena desa ini salah satu desa berpenduduk terbanyak di Bolsel yaitu 1525 jiwa dengan jumlah Gereja terbanyak yaitu 2 gedung dan Masjid 1 gedung,” ungkap dia.

Lanjut, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulut H. Sarbin Sehe S.Ag, M.PdI mengatakan bahwa nilai-nilai moderasi beragama ini sangat penting dan semoga bisa menjadi dasar untuk bisa dilakukan juga di desa-desa lain di Bolsel.

“Saling menghargai antar umat beragama itu keharusan dari Tuhan, jadi marilah kita tetap saling menjaga satu sama lain dalam toleransi,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Iskandar menegaskan bahwa Bolsel adalah wilayah yang menjunjung tinggi toleransi yang terlihat dari beragamnya agama dan suku yang ada di Bolsel.

“Tidak ada persoalan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan adat di Bolsel. Karena sudah menjadi tugas kita bersama untuk saling membantu satu sama lain sesama manusia sebagai rakyat Indonesia,” lugasnya.

Usai launching KMB, Bupati Iskandar mengajak untuk selalu meningkatkan dan menjaga rasa saling menghargai satu sama lain agar bisa terus menjaga moderasi antar umat beragama.

“Bolsel siap untuk jadi pilot moderasi beragama,” tandasnya dalam acara yang dihadiri pimpinan PD dan ASN, jajaran Kemenag Sulut dan Bolsel, para imam, gembala, pendeta dan warga masyarakat.

Dalam kegiatan, Bupati Iskandar bersama. Forkopimda, OKP/OKPI, tokoh agama, tokoh masyarakat melakukan penandatanganan Deklarasi Rintisan KMB 2023 dengan Tema “Wujudkan Masyarakat Bolsel yang Religius dan Toleran”.

Kakanwil Kemenag Sulut juga menyerahkan piagam penghargaan dan tanda mata kepada Bupati Bolsel atas partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif bagi Pendidikan Agama Islam di sekolah. (ludin)

Leave A Reply

Your email address will not be published.