Pemkot Seriusi Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota Kotamobagu terus melakukan upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayahnya.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan saat membuka Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Rabu 15 Maret 2023.

“Diantaranya melakukan peningkatan komunikasi tentang perubahan perilaku masyarakat, peningkatan ketahanan pangan serta gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat, penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset dan inovasi yang bertujuan menurunkan prevalensi stunting,” ucap Nayodo

Menurutnya, stunting merupakan kondisi gagal tubuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama 1.000 hari pertama kehidupan, hal ini sangat mempengaruhi perkembangan otak sehingga memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis saat dewasa.

Nayodo menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari 8 aksi integrasi yang diharapkan dapat memperkuat efektivitas intervensi penurunan stunting. Mulai dari analisis situasi, perencanaan, pelaksanaan program hingga penguatan regulasi.

“Selain itu juga bertujuan memitigasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama antar seluruh komponen. Baik pemerintah daerah hingga tingkatan desa, serta lembaga non pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini akan diperoleh saran dan masukan dari para peserta dalam kaitannya dengan upaya penurunan stunting di daerah ini,” sambungnya lagi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen percepatan penurunan stunting terintegrasi untuk percepatan penurunan stunting di Kota Kotamobagu tahun 2024 mendatang oleh pemerintah daerah dan berbagai unsur.

Sementara, Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda Kotamobagu, M.Fahmi Iman mengatakan, tujuan dari rembuk aksi percepatan penurunan stunting ini untuk meningkatkan kinerja percepatan penurunan stunting di Kotamobagu.

“Rembuk ini untuk meningkatkan peran kelembagaan serta keberpihakan anggaran penurunan stunting, serta meningkatkan pemanfaatan berbasis data terpadu,” ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolres AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim 1303/Bolmong diwakili Pasi intel Kapten Sardi O. Mamonto, Kasi Pidsus Kejari Kotamobagu Chairul Mokoginta, Sekda Sofyan Mokoginta, para Asisten, pimpinan OPD, camat, lurah/sangadi serta sejumlah unsur organisasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.