RKPD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024 Mulai Disusun, Tatong Bara Buka Konsultasi Publik

0

KOTAMOBAGU- Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kotamobagu untuk tahun 2024 mulai disusun.

Pemerintah Kota Kotamobagu telah membuka konsultasi publik dalan rangka penyusunan RKPD tahun 2024 tersebut.

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara mengatakan,bahwa konsultasi publik yang digelar merupakan langkah awal sekaligus masukan dalam rangka penyusunan RKPD sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah.

Dikatakannya, RKPD memiliki peran dan kedudukan yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, mengingat dokumen RKPD memuat kerangka ekonomi, sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan dalam satu tahun anggaran.

“Sehingga kita wajib memperhatikan beberapa hal penting dalam penyusunan RKPD terutama yang berkaitan dengan  penyelarasan sasaran dan prioritas pembangunan daerah Kota Kotamobagu tahun 2024 mendatang,” kata Tatong.

Disebutkannya, hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RKPD diantaranya, Pertumbuhan ekonomi kreatif UMKM dan Koperasi; Pendidikan kebudayaan dan kesehatan; Kemiskinan ekstrem dan pengangguran; Peningkatan keamanan, ketertiban umum dan mitigasi bencana; Pemerataan infrastruktur dan utilitas; Ketahanan pangan, pelestarian lingkungan dan pariwisata;  serta reformasi birokrasi dan pembiayaan pembangunan.

Disamping itu lanjutnya, peran dan fungsi RKPD Kotamobagu tahun 2024 sangat penting, mengingat dokumen tersebut juga merupakan pedoman bagi pemerintah daerah dalam rangka penyusunan rancangan APBD Kotamobagu tahun 2024 sebagaimana yang termuat dalam pasal 17 ayat 2 undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara.

Dimana lanjutnya, dalam undang-undang tersebut menyebutkan bahwa penyusunan rancangan APBD sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, berpedoman kepada rencana kerja pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan bernegara.

Untuk itu, sehubungan dengan pentingnya kegiatan ini, Tatong pun berharap kepada seluruh peserta agar dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan masukan positif serta konstruktif sebagai bahan masukan dalam penyempurnaan penyusunan rancangan awal RKPD Kotamobagu tahun 2024.

“Selain itu diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk semakin memperkuat komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan, dalam rangka menjaga konsistensi antara perencanaan penganggaran, pelaksanaan pengawasan pembangunan di daerah yang sama kita cintai,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Wali Nayodo Koerniawan, Kabid Pemerintahan, Sosial dan budaya Bappeda Provinsi Sulut Feibe B. Rondonuwu selaku narasumber, unsur Forkopimda, sejumlah anggota DPRD, Sekda, Asisten, pimpinan sejumlah Perguruan Tinggi, pihak Perbankan, pimpinan OPD, Camat serta Lurah dan Sangadi se – Kota Kotamobagu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.