Pasokan BBM dan Elpiji Dipastikan Aman Hingga Tahun Baru 2023

0

KOTAMOBAGU- Ketersedian Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji dipastikan aman hingga pelaksanaan Tahun Baru 2023.

Pemerintah bahkan mamastikan pasokan dan stok BBM dan elpiji dalam kondisi aman karena statusnya melebihi rata-rata batas aman.

“Dari sisi kondisi stok BBM maupun elpiji seperti yang telah disampaikan PT Pertamina, secara umum dalam kondisi aman,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana saat meninjau Terminal LPG Tanjung Sekong, Banten, Minggu 25 Desember 2022, sebagaimana dikuti dari antaranews.

Rida mengingatkan Pertamina untuk dapat mengantisipasi hal tersebut. Sebab, tahun ini ketersediaan stok BBM menjadi krusial lantaran tidak adanya pembatasan mobilisasi kendaraan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jangan sampai kemudian secara stok cukup, tapi distribusinya sampai kepada yang membutuhkan itu tidak tertangani dengan baik. Tadi saya dengar dari Pertamina berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik,” ujar Rida.

Pemerintah, lanjutnya, mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Pertamina dalam menyediakan ketersediaan BBM dan elpiji untuk masyarakat, khususnya pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

“Pemerintah berterima kasih dan apresiasi kepada Pertamina, juga PLN yang secara rutin setiap Nataru selalu buka posko 24 jam. Itu menunjukkan kesiapsiagaan sekiranya ada hal yang perlu ditangani,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Operasi PT Pertamina International Shipping (PIS) Brilian Perdana, selaku pihak pengelola Terminal LPG Tanjung Sekong, mengatakan pihaknya  mengoperasikan 217 unit kapal terdiri atas 165 kapal BBM, 15 kapal avtur, dan 37 unit kapal elpiji, untuk mendukung kelancaran Nataru.

“PIS memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan suplai dan distribusi, serta kelancaran operasional sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Pendistribusian BBM dan elpiji, kita pastikan terlaksana dengan baik, agar masyarakat bisa tetap nyaman dalam beraktivitas,” ujarnya. (*)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.