Ikuti Perkuliahan Program Doktor Ilmu Pemerintahan di Kampus IPDN Jatinangor, Sachrul: Pemimpin Itu Harus Berilmu

0

BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si rupanya tak pernah lelah dalam menuntut ilmu.

Setelah menamatkan pendidikan Strata dua (S2) di Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, kini Sachrul Mamonto tercatat sebagai salah satu mahasiswa program doktor di Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Jatinango.

Sachrul terpantau kemarin mengikuti perkuliahan di kampus IPDN Jatinangor bersama rekan rekan seangkatannya.

Menurut Sachrul ada dua mata kuliah yang di ikutinya langsung, yakni Ilmu pemerintahan, dan Sosiologi pemerintahan yang di sampaikan oleh Prof Dr Tjahja Supriatna SU.

Bukan hanya itu, keinginan Bupati Boltim meraih gelar Doktor terbilaang nekat, sebab tidak hanya tercatat sebagai mahasiswa S3 di IPDN, tapi ternyata dia juga tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Hasanudin Makassar dan mengambil jurusan doktor Ilmu Politik.

Dua-duanya diikuti sekaligus oleh Bupati Sachrul Mamonto.

Untuk menjalankan keduanya dengan maksimal, tentu Sachrul harus membagi waktu yang tepat, karna terkadang jadwal dari dua kampus ini di hari dan jam yang sama.

“Untung saja Unhas kebanyakan kuliahnya daring,” ujarnya.

Menurutnya, menjadi seorang pemimpin harus di perkaya dengan ilmu pengetahuan, sebab ini menjadi dasar seorang pemimpin untuk menjalankan roda pemerintahan.

“Pemimpin itu haruslah berilmu, sebab dalam membangun daerah tidak bisa hanya di dasari oleh retorika dan pencitraan semata, maka pemimpin haruslah berilmu, ilmu yang benar benar membawa manfaat bagi pembangunan dan masyarakat sebuah daerah,” tambahnya kemarin.

Seperti diketahui saat ini bupati boltim sering di undang untuk menjadi pemateri di berbagai kegiatan serta menjadi narasumber di beberapa diskusi dan dialog yang membahas baik isu isu Nasional maupun isu Dunia.

Dia juga beberapa kali diundang untuk memberikan kuliah umum di beberapa kampus.

Disamping itu, Bupati Boltim menyampaikan permintaan maaf tidak sempat hadir di acara kemasyarakatan yakni undangan pesta dan lain lain karna jadwal perkuliahan adalah hari Jumat dan Sabtu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.