Dibawah Kepemimpinan Seska Ervina Budiman, TP-PKK Boltim Ikut Lomba Tingkat Provinsi

0

BOLTIM- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), di bawah pimpinan Ketua Ny. Seska Ervina Mamonto-Budiman, mengikuti lomba TP-PKK tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Selasa, 13/09/22.

Adapun lomba yang akan diikuti mencakup lima kategori dengan lokus di lima Desa, diantaranya adalah lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Di Era Digitalisasi (PAAREDI) di Desa Kotabunan Selatan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Liberia Timur, Penanganan Stunting dan Pola Hidup Bersih Sehat di Desa Bulawan Dua, Aku Hatinya PKK dan Pemanfaatan Pekarangan di Desa Bukaka dan terakhir adalah lomba Tata Kelola Administrasi PKK di Desa Bangunan Wuwuk.

Lomba tersebut oleh tim penilai dari TP-PKK Provinsi hadir secara langsung untuk melakukan penilaian di lokasi dimana masing lomba disiapkan sebagai lokus, adapun tin penilai yang hadir dari Provinsi dipimpin oleh Ketua bidang II, Marieta Kuntag, Ketua Pokja II Mareyke Moningka.

Sebelumnya Desa yang akan mengikuti telah mempersiapkan semua kebutuhan lomba dengan didampingi langsung oleh Ibu Seska Ervina Budiman bersama pengurus TP-PKK Boltim, dengan memberikan pembekalan, kemudian melakukan evaluasi kesiapan kepada TP-PKK di masing-masing Desa, termasuk menyaksikan secara langsung proses dokumentasi visual kategori yang akan dilombakan.

Ketua TP-PKK Boltim, Ibu Seska Ervina Budiman, saat mendampingi tim penilai dari Provinsi menyampaikan, ada lima kategori yang akan diikutsertakan.

“Salah satu kategori lomba UP2K yakni pengelolaan kopi Boltim (Modayag) sebagai komoditi unggulan yang bisa menjadi usaha peningkatan pendapatan keluarga, dimulai dari penanaman tanaman baru, panen, pengolahan biji sampai dengan pengemasan untuk dipasarkan sebagai produk Boltim, Jelasnya.

“Kopi ini menjadi juga icon kebanggaan Boltim,” lanjutnya.

“Begitu juga untuk kategori penanganan stunting, pemanfaatan pekarangan, pola asuh anak dan remaja di era digital dan tata kelola administrasi PKK, semuanya (Desa) telah mempersiapkan apa yang menjadi objek penilaian. Mudah-mudahan kelima kategori yang dilombakan akan menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

Adapun rangkaian pelaksanaan lomba tersebut sejak dari persiapan sampai pelaksanaan lomba, dimulai pada tanggal 5-13 September 2022, sekaligus kunjungan dari pengurus TP-PKK Provinsi Sulut di Boltim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.