Bupati Sachrul Mamonto Buka Seminar Kebudayaan Boltim

0

BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, membuka secara resmi Seminar Kebudayaan yang digelar di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim, Kamis 7 Juli 2022.

Seminar yang diinisiasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Karang Taruna bekerjasama dengan Pemkab Boltim ini mengusung tema “Deskripsi Perjalanan Bogani Inde Dou dan Tadohe ke wilayah Timur Totabuan”.

Bupati Sachrul dalam sambutannya menyampaikan akan mengangkat budaya Bolaang Mongondow khususnya Bolaang Mongondow Timur.

“Budaya merupakan salah satu hal yang sangat bernilai besar. Sehingga generasi muda dituntut untuk tidak melupakan nilai-nilai sejarah daerah hingga bangsa, ditengah tekanan perubahan zaman yang semakin modern,” kata Sachrul.

Sachrul menilai, saat ini makin sedikit generasi muda menulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya.

Untuk itu ia pun berharap, melalui kegiatan yang digelar hari ini, akan menjadi titik balik bangkitnya generasi muda penulis kisah atau cerita tentang sejarah dan budaya.

“Nah lewat seminar ini, kita coba memulai dan mengangkat sejarah dan budaya,” harapnya.

Lanjutnya, budaya dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai sebuah bangsa. Ia pun mencontohkan Bali yang dikenal dunia karena kekayaan budaya dan adat istiadat.

“Dengan sejarah dan budaya kita bisa dipersatukan. Tujuannya adalah semata-mata untuk kepentingan Bolaang Mongondow Raya kedepan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Sonny Warokka, Chairun Mokoginta bersama Umaruddin Mokodongan selaku narasumber, para Asisten, segenap anggota DPRD, pimpinan OPD, Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.