Boltim

Bupati Sachrul Mamonto Hadiri Festival Budaya Bersih Desa Purworejo

0

BOLTIM- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, didampingi oleh ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Boltim Ny Seska Ervina Budiman, menghadiri Festival Budaya Bersih Desa Purworejo – Lebiria yang di Gelar di Lapangan Arjuna Purworejo, Minggu (19/6).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, makna dari bersih desa ini adalah rasa syukur masyarakat jawa atas limpahan rahmat dari Allah S.W.T setelah mereka melakukan panen selama setahun penuh.

“Makna dari bersih desa ini merupakan rasa syukur masyarakat jawa atas rahmat yang dilimpahkan kepada mereka setelah melakukan panen selama satu tahun, maka dari itu masyarakat jawa selalu melaksanakan acara bersih desa ini setiap tahunnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, kabupaten Boltim layaknya gambaran dari miniatur Republik Indonesia. Sebab, selain kabupaten Boltim kaya akan keindahan alamnya, daerah ini juga memiliki keberagaman budaya.

“Sejatinya budaya di Boltim begitu banyak, tidak hanya budaya mongondow saja, tetapi sudah ada budaya jawa, budaya minahasa, budaya bugis, budaya arab dan budaya sangihe yang juga sering melaksanakan acara tuludan setiap tahunnya, dan menurut saya daerah ini adalah miniatur dari Republik Indonesia,” katanya.

Bupati menambahkan, keberagaman budaya di Boltim harus dilestarikan, dengan melaksanakan acara – acara budaya seperti bersih desa Purworejo dan Liberia ini.

“Kosa budaya seperti ini harus kita laksanakan setiap tahunnya, agar supaya budaya – budaya seperti ini tidak akan menghilang. Sebab, dengan kesibukan kita masing – masing sehingga lupa dengan adat dan budaya. Maka dari itu hal – hal seperti ini haris rutin dilaksanakan,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Wawali Kotamobagu Nayodo Kurniawan, Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, serta seluruh jajaran OPD Boltim. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.