Boltim

UPT BP2MI SulutGo Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi PMI Purna

0

SULUT- UPT BP2MI SulutGo secara perdana mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi 20 PMI Purna asal Kelurahan Pinokalan dan Sagrat Weru Kota Bitung dan diadakan di Botanica Nature Resort Kota Bitung tanggal 17-20 Mei 2022.

Acara pelatihan ini dihadiri oleh Kepala UPT BP2MI SulutGo dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Abdul Rahmat Dunggio.

Kepala UPT BP2MI SulutGo Hendra Makalalag dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan kewirausahaan diberikan pada para pahlawan devisa yang sudah pulang ke tanah air, agar mereka dapat membuka usaha sendiri di daerahnya masing-masing.

“Tujuan BP2MI mengadakan pelatihan kewirausahan bagi para PMI Purna adalah agar para PMI yang sudah pulang dari kerja di luar negeri dapat mengelola keuangannya dan membuka usaha sendiri di kampung halaman sehingga dapat mensejahterakan ekonomi keluarga dan daerahnya dengan menjadi wirausaha sukses” tukas Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa untuk mendukung kesuksesan pelatihan, BP2MI juga turut melibatkan instansi terkait agar pelatihan ini bisa memberikan dampak maksimal bagi PMI Purna yang dibina.

“Untuk pelatihan kali ini, selain melibatkan Dinas tenaga Kerja Kota Bitung, kami juga melibatkan Dinas Perikanan Kota Bitung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Bank BNI 46, serta mengundang instruktur pelatihan dari UMKM binaan Disperindag Sulut” jelas Hendra.

Lebih lanjut Hendra menambahkan selama 4 hari kedepan, para peserta akan diberikan pelatihan pembuatan dan pengemasan kerupuk ikan serta pembuatan dan pengemasan sambal sambal roa.

“Selama 4 hari ke depan para PMI Purna akan diberikan ilmu soal pembuatan dan pengemasan kerupuk ikan dan sambal roa yang sudah menjadi ciri khas Sulut. Nantinya mereka akan dibantu untuk dibentuk kelompok usaha dan di hari terakhir para peserta akan langsung diberikan NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi perorangan dan kelompok serta akan difasilitasi dengan tindak lanjut produk kelompok untuk langsung mendapatkan P-IRT dari Disperindag Provinsi Sulut, dan fasilitasi pembentukan “Kelompok Pengolahan Produk Hasil Perikanan” dari Dinas Perikanan Kota Bitung serta pelatihan edukasi keuangan dan kewirausahaan dari BP2MI SulutGo”jelas Hendra.

“Makanya selama 4 hari peserta akan menerima materi yang sangat padat, oleh sebab itu untuk kenyamanan peserta, kami memilih Botanica Nature Resort Bitung karena suasana disini sangat tenang, pelayanan juga sangat bagus sehingga selama pelatihan para peserta dapat merasa rileks dan materi yang diberikan akan bisa diserap dengan maksimal oleh mereka” tutup Hendra.

Leave A Reply

Your email address will not be published.