Dinkes Boltim Turunkan Tim, Awasan Makanan dan Minuman di Bulan Ramadhan

0

BOLTIM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menurunkan tim untuk melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah toko waralaba untuk pengawasan makanan dan minuman atau Takjil di setiap pasar ramadhan.

Selain di toko waralaba indomaret dan alfamart serta toko swalayan lainnya, Dinkes juga melakukan pengawasan di sejumlah pasar ramadhan yang menjual makanan takjil.

Pengawasan tersebut, lanjut Saifudin rutin di lakukan setiap tahun pihaknya turun ke lapangan memeriksa produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat.

“Kalau makanan takjil tidak ditemukan bahan yang berbahaya, semuanya layak konsumsi, begitu juga dengan air bersih atau air mineral,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk mengukur layak atau tidaknya sebuah makanan untuk dikonsumsi, Dinkes Boltim menggunakan alat sanitarian kit.

“Alat tersebut tidak bisa mengeluarkan rekomendasi namun hanya sebagai alat pengukur makanan dan minuman saja,” terangnya.

Ia menambahkan, selain di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan, pihaknya berencana pekan depan akan melakukan pengawasan di wilayah Modayag bersatu.

“Semua wilayah akan kita periksa, pekan kemarin di wilayah Puskes Kotabunan, Buyat dan Tutuyan, pekan depan akan turun di wilayah Modayag,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.