Prestasi! Pemkot Kotamobagu Terima Peghargaan dari BKKBN Atau Capaian MKJP

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kotamobagu di bawah Kepemimpinan Wali Kota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH kembali meraih prestasi.

Kali ini, Pemerintah mendapatkan menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas ditetapkannya Puskesmas Motoboi Kecil sebagai juara I tingkat nasional untuk kategori Fasilitas Kesehatan (Faskes) dengan capaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) tertinggi Se-Indonesia, melalui pelayanan KB serentak Sejuta Akseptor yang digelar beberapa waktu lalu.

Penghargaan itu sendiri diserahkan Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Asisten I Pemprov Sulut kepada Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, pada kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) kemitraan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa 2 November 2021.

Raihan prestasi yang diraih tersebut, atas keberhasilan pemenuhan indikator capaian MKJP yang digunakan untuk mengukur perbaikan kesehatan ibu melalui pengaturan kelahiran serta akses terhadap pelayanan reproduksi kesehatan yang sangat esensial.

Adapun capaian yang diraih Kota Kotamobagu untuk pelaksanaan MKJP, khusus pelayanan KB jenis Implan dan IUD yakni 75,08 persen, disusul Kalimantan Barat dengan capaian 61,28 persen serta Sumatera Barat berada di peringkat ke tiga dengan capaian 60,00 persen.

Atas torehan prestasi ini, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP-KB) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, berharap, ke depan kerjasama antar lintas OPD akan lebih terbangun, terutama sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk turut mensukseskan program KB.

“Insyaallah ke depan akan ditingkatkan lagi kerjasama antara dinas kesehatan, dinas PP-KB, Camat, Lurah dan Sangadi dalam penggerakan masyarakat untuk ikut KB,” harapnya.

Lebih lanjut, Yani pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, hingga sukses diraihnya penghargaan ini.

“Terima kasih atas dukungan dari ibu wali kota bersama pak wakil wali kota serta seluruh jajaran pemerintah daerah hingga pemerintah desa dan kelurahan yang telah bersama-sama turut mensukseskan gerakan Sejuta Akseptor di Kota Kotamobagu. Kami berharap, ke depan akan bertambah lagi masyarkat yang ingin mengikuti program KB,” tandasnya. (ADV)

Leave A Reply

Your email address will not be published.