Gelar Rapat Bersama Pemdes, DPMD Kotamobagu Bahas APBDes Perubahan Tahun 2021

0

KOTAMOBAGU- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotamobagu, menggelar rapat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) perubahan tahun 2021, bertempat di ruang rapat DPMD, Senin (1/11).

Rapat tersebut dihadiri oleh pihak Pemerintah desa, Sangadi, perangkat desa, BPD, dari pihak kecamatan, dan pendamping desa.

Terkait hal ini Kepala Dinas PMD, Nasli Paputungan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Keuangan Desa, Rum Mokoagow, mengatakan, baru 3 desa yang dievaluasi, yaitu desa Bungko, Poyowa Besar 1, dan Bilalang II.

“Kami harapkan ke para Sangadi untuk mempercepat penyusunan rancangan APBDes Perubahan Tahun 2021 bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), untuk selanjutnya dievaluasi karena mengingat waktu tahun anggaran 2021 akan segera berakhir,” katanya.

Lanjutnya, agar lebih maksimal lagi dengan pelaksanaan kegiatan atau program kegiatan.

“Sama-sama kita melihat proses penyusunan program kegiatan beserta dengan anggaran. Jadi ada hal-hal nanti yang akan menjadi catatan untuk diperbaiki oleh pemerintah desa pasca dilaksanakannya evaluasi akan dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Rum mengatakan, diharapkan nanti desa dapat melaksanakan kegiatan efektif, maksimal dengan menyesuaikan kondisi waktu penganggaran yang akan segera berakhir, sehingga nanti pada saat pertanggung jawabannya itu pemerintah desa benar-benar melakukan kegiatan sesuai kegiatan laporan kegiatan yang dirancanakan.

“Yang untuk 12 desa memang dalam tahap penyusunan yang dalam waktu dekat minggu ini kami segera sampaikan ke tim untuk dilakukan evaluasi. Dan 12 desa lainnya antrian, sehingga kami sampaikan secepatnya dijadwalkan desa apa,” jelasnya.

Ia menambahkan, target pihaknya dalam bulan ini sudah selesai karena tahun ini akan segera berakhir, dan agar lebih maksimal lagi pemerintah desa dalam menyerap dalam kegiatan anggaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.