Kegiatan BIG Tahun 2021 di Boltim Sukses Digelar

0

BOLTIM- Kegiatan Boltim Innovation Government (BIG) 2021 yang digelar oleh Badan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Boltim Sukses digelar.

“Secara keseluruhan ada 20 inovator, itu dilombakan dan dinilai oleh tim juri yang berkompeten,” ujar Kepala Sub Bidang Litbang Informasi dan Data, Darman D. Matara.

Darman juga mengatakan bahwa kategori peserta BIG sendiri terbagi dari 2 kategori yakni perangkat daerah dan umum.

“Sementara yang menjadi juara di kategori umum itu ada layanan administrasi desa lewat aplikasi SiDedi, sementara juara dua disabet inovasi Tabungan Komunitas untuk Perempuan dan Emak-emak Pesisir atau Takinnami dan yang ketiga EpotSangadi,”

Darman menambahkan, bahwa untuk tahun depan Tim Juri telah merekomendasikan semua inovasi ini oleh perangkat daerah harus diaplikasikan, sementara untuk kategori umum itu sudah terebih dahulu diaplikasikan.

“Contoh aplikasi SiDedi sudah jalan di Desa Kotabunan Barat. Kalau TakinNami juga sudah berjalan di Desa Iyok Kecamatan Nuangan sudah berjalan kurang lebih 3 bulan. Yang dibutuhkan sekarang adalah, perangkat daerah bisa memaksimalkan apa yang menjadi inovasi yang mereka sampaikan, jadi intinya kami dari Bappelitbangda hanya menjadi stimulus untuk bagaimana inovasi-inovasi tersebut bisa tercipta pada saat momentum seperti ini, ada pandemi dan lain sebagainya,” pungkasnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.