Bupati Sam Sachrul Mamonto Buka Kegiatan Penyusunan Harga Pemerintah Kabupaten Boltim

0

KOTAMOBAGU- Bupati Sam Sahrul Mamonto, membuka secara resmi kegiatan Penyusunan Standar Harga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Tahun 2021, di Hotel Lagoon Manado, Kamis (17/06/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa, pelaksanaan kegiatan ini sangat penting karena adanya standar harga yang sesuai dengan aturan yang berlaku dapat membawa beberapa manfaat berupa penetapan plafon anggaran pada saat PPAS, menentukan kewajaran biaya kegiatan, efisiensi anggaran, penentuan anggaran berdasar tolok ukur kinerja yang jelas, mengefektifkan penentuan besaran alokasi anggaran pada kegiatan hingga ketepatan waktu dalam penyusunan anggaran.

“Selain itu, manfaat utama kegiatan ini adalah untuk penyusunan anggaran belanja pemerintah tahun 2022, agar hasil dan capaian kinerja yang disusun diharapkan benar-benar efisien dan efektif sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan kepada masyarakat,” kata Bupati

Menurut Bupati, tahapan perencanaan merupakan salah satu instrumen terpenting dalam hal pengelolaan keuangan daerah dan kualitas pelaksanaan pengelolaan keuangan akan sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang disusun dengan baik pula.

“Hal ini tentunya harus didukung SDM pengelola keuangan yang lebih mumpuni sejak awal perencanaan penganggaran, guna mewujudkan percepatan pembangunan di kabupaten Bolaang Mongondow Timur ,” kata Sachrul, saat membuka kegiatan Penyusunan Standar Harga Pemkab Boltim Tahun 2021.

Sachrul pun meminta kepada para peserta agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Ikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab agar dapat terwujud sistem pengelolaan keuangan yang baik dalam rangka mengelola keuangan daerah secara transparan, ekonomis, efisien, efektif dan akuntabel,” tandasnya.

Terinformasi, kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Lagoon Manado ini, diikuti 30 peserta dari 25 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Boltim dan terjadwal akan berlangsung selama 4 hari. Mulai 16 hingga 19 Juni 2021.

Turut hadir dalam pembukaan, Wakil Ketua DPRD Boltim Meydi Lensun, Sekda Boltim Ir. Sonny J. Sonny Waroka Ph.D, serta Asisten I Setda Boltim Priyamos SH

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.