Pemkot Kotamobagu Gelar Apel Kesiapsiagaan

0

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, menggelar apel pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dirangkaikan dengan kegiatan Kesiapsiagaan potensi Bencana Hidrometeorologi di wilayah Kota Kotamobagu, di Lapangan Boki Hotinimbang, Senin (26/04/2021).

Apel yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kotamobagu, unsur TNI/Polri, Basarnas, Palang Merah Indonesia, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini, dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Sande Dodo, ST, Pencanangan ditandai dengan membunyikan sirene sebagai tanda Pemkot Kotamobagu resmi mencanangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana di Kotamobagu.

Mewakili Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Sekretaris Daerah Sande Dodo, ST dalam sambutan menyampaikan, bencana atau peristiwa merupakan sebuah ancaman kehidupan dan penghidupan yang disebabkan faktor alam maupun non alam yang dapat merugikan manusia.

“Karena itu kita semua tentu harus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya bencana,” kata Sande membacakan sambutan Wali Kota.

Lanjut Sande, dengan adanya peningkatan kesiapsiagaan dan kewaspadaan maka akan dapat meminimalisir korban jiwa ketika terjadi bencana alam.

“Salah satu upaya adalah melakukan mitigasi atau serangkaian pencegahan bencana seperti pembangunan fisik maupun upaya mengedukasi ke masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

“Kita sedang menghadapi cuaca ekstrim hidrometeorologi, dan menyebabkan potensi bencana,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan komitmen, motifasi, dan sinergitas dalam menghadapi bencana alam,” harapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.