Herson Mayulu Minta Kemendes PDTT Perhatikan Kesejahteraan Pendamping Desa

0

BOLSEL – Bertempat di kediaman pribadi puncak kima, Anggota DPR RI H. Herson Mayulu, SIP,  mengikuti Rapat Kerja (Raker), Komisi V DPR RI dengan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan  Transmigrasi (PDTT), dilaksanakan secara Virtual (meeting zoom), Senin (18/1/2021).

Informasi yang di peroleh rapat kerja tersebut terkait Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kementerian Desa PDTT tahun 2020 sekaligus membahas Program Kerja tahun 2021 dari Kementerian tersebut.

Selaku Kapoksi Komisi V DPR RI Fraksi PDIP,  Herson Mayulu, dalam Rapat Kerja itu memberikan masukan terkait perlunya evaluasi kinerja Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dari tingkat atas sampai bawah dan perlunya penguatan dari Kementerian Desa berkaitan dengan Tupoksi TPP sehingga benar benar profesional dalam melakukan pendampingan sejak  proses perencanaan sampai pada kegiatan pembangunan di tingkat Desa. “Hal ini harus benar-benar menjadi perhatian, sehingga sinergitas antara TTP dan Pemerintah Daerah berjalan baik hingga tercipta hubungan yang harmonis,” jelasnya.

Di sisi lain mantan Bupati dua Periode Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ini juga menyinggung soal kesejahteraan TPP agar masuk dalam prioritas Kementerian Desa PDTT. “Masih ada TPP di tingkat paling bawah (PLD) yang kesejahteraannya masih terlalu rendah bahkan masih di bawah UMP ” ucapnya

Tak itu saja, politisi PDI perjuangan juga menyampaikan jika peningkatan serta pemulihan ekonomi nasional dapat di mulai dari Desa. “Selain mendukung program BLT desa, saya berharap kementerian Desa PDTT harus lebih mendorong desa dengan regulasi yang ada untuk memanfaatkan dana desa sebaik baiknya. dan lebih menitik beratkan pada kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi saat ini sehingga masyarakat yang terdampak Covid 19 benar benar merasakan manfaat dari dana desa.” pungkas H2M sapaan akrabnya.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.