Anggota DPR Herson Mayulu Bersama Wakil Bupati Bolsel Resmikan Program Kotaku

0

BOLSEL – Program strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) KotaTampa Kumuh (Kotaku), telah di resmikan oleh Anggota Komisi V DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan, H. Herson Mayulu, SIP, Bersama Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid, Sabtu (16/1/2021).

Di ketahui Desa Ilomata, Kecamatan Pinolosian mendapat Program Kotaku melalui aspirasi Anggota DPR H. Herson Mayalu. ini juga sebagai langkah mendukung upaya Pemerintah Pusat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Daerah. Ia mengatakan jika Program Kotaku sudah mulai sejak Tahun 2017, dan untuk Bolaang Mongondow Raya yang pertama mendapatkan program ini baru Kota Kotamobagu. “Bolsel sendiri baru masuk pada tahun 2020 Kemarin. Tujuan dari program ini untuk menghilangkan kekumuhan. Dimana kampung yang semula kumuh dengan program Kotaku ini jadi lebih indah dan tertata baik, sehingga tidak nampak lagi kekumuhan di Desa Ilomata ini. tegas Mantan Bupati Bolsel Dua Periode.

Baca juga : Anggota DPR Herson Mayulu Bersama Wakil Bupati Bolsel Resmikan Program Kotaku

Menurut Kapoksi PDIP Komisi V DPR ini, Kekumuhan disetiap kelurahan/desa betul-betul dikurangi sehingga terciptanya perubahan perilaku dalam menerapakan hidup sehat dan bersih di masyarakat. Wilayah-wilayah yang kekumuhannya tinggi itu diberikan bantuan program kotaku, yang sebenarnya program ini tidak boleh di desa baru karena namanya saja Kota tanpa kumuh, tapi ini sudah menjadi komitmen pemerintah agar bisa masuk karena kekumuhan juga bukan hanya berada di kota tapi ada juga di Desa.

Lanjutnya, H2M dalam program Kotaku ini ada 6 pengerjaan di antaranya Jamban, Ipal, Bak Kondro, Jalan Paving dan tempat pengelolaan sampah.”Jadi yang sudah dikerjakan ini, saya minta ada kesinambungan, ada pemeliharaan, jangan dibiarkan saja, harus di jaga dan di rawat serta dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat dan pemerintah setempat,” tegasnya.

Dirinya pun, menghimbau kepada Pemerintah Daerah melalui wakil bupati yang hadir saat itu agar juga dapat memberikan bantuan air bersih di Desa Ilomata. “Program ini juga butuh sentuhan air bersih,  perlu ada kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat, jadi tolong Pemerintah daerah agar bagaimana air bisa masuk ke desa ini dan desa-desa lain,” pinta Mayulu.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI H. Herson Mayulu, SIP atas dedikasi nya dalam rangka memperjuangkan dan menghadirkan program Kotaku di desa Ilomata. “Kita harus bersyukur dan berterima kepada Bapak H. Herson Mayulu yang telah membawah program kotaku ke Bolsel. Semoga kedepan Bolsel bisa kembali mendapatkan program pemerintah pusat,” tutupnya.

(Rudi/**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.