Boltim

Survei NRI : Paslon Iskandar-Deddy Kembali Unggul 84,1 Persen

0

BOLSEL – Nusantara Research Institute (NRI) kembali merilis hasil survei yang diselenggarakan sejak tanggal 16 hingga 23 November 2020, Rabu (2/12/2020).

Dalam survei ini menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan pilihan pasangan diantara dua pasang calon, pasangan Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid dipilih oleh mayoritas public dengan elektabilitas sebesar 84,1 Persen, unggul dibandingkan pasangan Riston Mokoagow – Selvia Van Gobel, yang hanya memperoleh 11,7 persen, dengan pemilih merahasiakan jawaban 0,3 persen dan undecided voters 3.9 persen.

Menurut Manager of Research Rahmillah Ukoli, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan Jumlah sampel dalam survei adalah 410 responden dengan margin of error +/- 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Klaster survei ini menjangkau 7 kecamatan di seluruh Kabupaten BolaangMongondow Selatan (Bolsel) secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir,” ujar Rahmillah Ukoli

Lanjutnya, dalam survai menggunakan metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat.”Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara  mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa terpilih,” terangnya.

Ia menambahkan maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan mengukur potensi partisipasi serta kemantapan pemilih. “Survai ini untuk mengetahui tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektbilitas dari  masing-masing pasangan calon,” pungkasnya.

Perlu diketahui Survai untuk pasangan calon Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid telah dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama kali, dari hasil survei yang dirilis Aliansi Anak Negeri (AAN) Research dan Political Consultan yang digelar Agustus beberapa bulan lalu, lembaga survey ini melibatkan 440 Responden dari 81 Desa di Bolsel. Dengan menggunakan metode Multistage random sampling yang memiliki margin error sebesar 3,7 persen, Pasangan Iskandar Deddy memperoleh 62,9 %, disusul pasangan Hadisiswoyo D Gobel-Ruslan Paputungan (Harus) 8,4 % sementara pasangan Riston Mokoagow-Silvia.Van Gobel (RISKI) 6,5 %, dan yang masih rahasia 14,9 %, tahu atau tidak menjawab 7,3 %.

Survei kedua kemudian dilakukan oleh Nusantara Research Institute (NRI) yang digelar 19 hingga 23 Oktober lalu. Dari hasil survey yang melibatkan 410 responden diseluruh desa ini, pasangan Iskandar – Deddy masih unggul 82,7 persen, sedangkan RISKI hanya berada diposisi 9,6 persen.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.