Paslon Berkah Unggul di Semua Kantong Pemilih Bolsel

0

BOLSEL – Nusantara research institute (NRI) kembali merilis hasil survei yang diselenggarakan sejak tanggal 16 hingga 23 November 2020, Rabu (2/12/2020). Dalam survai tersebut terbagi dalam beberapa kantong pemilih yang tersebar di seluruh kecamatan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), pasangan calon (Paslon) Hi.iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid (BERKAH) unggul di semua kantong pemilih dari pasangan calon Riston Mokoagow dan Selvia Van Gobel (Riski).

“Pokok dan analisis hasil survei ini menemukan bahwa dalam pertanyaan kandidat tunggal bupati, dengan model pertanyaan terbuka (Top Of Mind), Iskandar (83,2%) paling unggul dibandingkan calon Bupati Riston (11,5%) dan undecided voters (4,1%),” beber Manager of Research Rahmillah Ukoli kepada wartawan.

Lebih jauh katanya keunggulan elektabilitas pasangan calon nomor urut 1, Iskandar – Deddy bisa dilihat dari lima faktor, yaitu :

Satu : Tingkat popularitas Iskandar kamaru lebih tinggi dibanding pesaingnya RistonMokoagow. Dalam survey ini ditemukan, mayoritas public (99,8 %) mengenal Iskandar kamaru, dan public yang menyukai sebesar 97,5%. Sementara untuk riston Mokoagow, dari 90,2% yang mengenal, hanya 60,3% yang menyukai.

Dua : Berdasarkan kantong pemilih perempuan, Iskandar – Deddy juga unggu (84,3 %), riston – selvia (13,6 %). Pada kantong pemilih muslim, Iskandar – Deddy (84,3 %), Riston – selvia (11,8 %). Di kantong pemilih Protestan, Iskandar – Deddy (84,2 %), Riston – selvia (10,5%) dan kantong suara milenial yang berumur 30 tahun kebawah. Iskandar – Deddy (81,8 %), Riston – Selvia (13,1 %).

Baca juga : Survei NRI : Paslon Iskandar-Deddy Kembali Unggul 84,1 Persen

Sementara kantong pemilih berdasarkan etnis atau suku etnis Gorontalo, Iskandar – Deddy (83,7 %), Riston – Selvia (11,9%), Suku Mongondow, Iskandar – Deddy (83,7 %), Riston – Selvia (11,6 %). Suku Sangir/talaud/siau, Iskandar – Deddy (77,2 %), Riston – Deddy (18,1 %). Suku Bolango, Iskandar – Deddy (88,4 %), Riston – Selvia (9,0 %). Suku Minahasa, Iskandar Deddy (100%). Suku lainnya, Iskandar – Dedgy (57,1 %), Riston – Selvia (28,5 %).

Tiga : berdasarkan keyakinan pemilih terhadap kemampuan Iskandar – Deddy, dimana mayoritas public (91,2 %) mengatakan yakin Iskandar – Deddy mampu membawa ekonomi Kabupaten Bolsel lebih baik dari sebelumnya. Mayoritas public (86,3 %) juga mengatakan pasangan Iskandar – Deddy paling bisa dipercaya, Paling mampu memimpin dan paling dekat dengan rakyat.

Empat : Berdasarkan Kinerja semasa menjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, mayoritas public (88,3 %) menilai Sangat puas dengan Kinerja Iskandar Kamaru.

Lima : Berdasarkan konsistensi public terhadap calon, dimana 93,7% public mengatakan tidak akan mengubah pilihan sampai hari pemilihan nanti, dan hanya 5,9% yang masih mungkin mengubah pilihan sementara  0,4%  yang tidak menjawab.

Kedua, survei ini menunjukkan bahwa terdapat (100%) publik di Bolaang Mongondow Selatan yang mengetahui akan ada pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 desember 2020, memastikan diri untuk ikut memilih. <span;>Pada aspek preferensi pemilih, mayoritas pemilih di Bolsel memilih calon Bupati dan Wakil Bupati No Urut satu, didasarkan pada pertimbangan karena figur calon Bupati/Wakil Bupati yang secara personal dekat dengan rakyat( 36.1%), kemudian karena berpengalaman di pemerintahan dan sudah ada bukti nyata hasil kerjanya (38,8 %).

Ia menambahkan temuan ini merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan calon bupati dan wakil Bupati dalam rentang survai tanggal 16 – 23 November 2020. Melihat undecided voters dan swing voters sudah kecil dan waktu pelaksanaan Pilkada Bolsel kurang dari 2 minggu, kemungkinan besar tidak akan ada perubahan politik yang signifikan.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.