Wali Kota Dampingi Pjs Gubernur Sulut dan Ustadz Yusuf Mansur Ziarah ke Makam Leluhur Bolaang Mongondow

0

KOTAMOBAGU– Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara mendampingi Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni, M.Si. bersama Ustadz Yusuf Mansur, melakukan ziarah ke makam leluhur Bolaang Mongondow, Jumat (30/10/2020). Ziarah juga didampingi Bupati Bolaang Mongondow Dra Yasti Soepredjo Mokoagow.

Pantauan media, rombongan Pjs Gubernur terlebih dahulu mengunjungi Makam Datoe Loloda Mokoagow yang terletak di wilayah perkebunan Desa Poyow Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan. Setelah itu ke makam Raja Datoe Cornelis Manoppo di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur.

Di makam tersebut Pjs Gubernur dan Ustadz Mansur menggelar do’a bersama rombongan, untuk para leluhur.

Pemerintah Kota Kotamobagu mengucapakan terima kasih atas kunjungan tersebut. “Terima kasih kepada bapak Gubernur dan Ustadz Yusuf Mansur yang sudah berkunjung ke makam leluhur Bolaang Mongondow,” ucap Sekertaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sande Dodo.

Sande mengungkapkan, Pemkot Kotamobagu juga akan memprioritaskan pelestarian situs-situs sejarah yang ada di Kota Kotamobagu.

“Kedepan akan dialokasikan juga anggaran untuk pelestarian seluruh situs-situs sejarah dan budaya peninggalan kerajaan Bolaang Mongondow masa lampau yang ada di Kota Kotamobagu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Anki T Mokoginta mengatakan, saat ini juga pihaknya tengah melakukan pendataan seluruh situs bersejarah di Kota Kotamobagu.

“Ini kami lakukan agar histori (Sejarah) dan informasi kejayaan Bolaang Mongondow di masa silam tidak akan hilang dan tersampaikan kepada masyarakat. Khususnya kepada generasi kita,” tandasnya. 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.