Diduga Salah Satu Paslon di Bolsel Salurkan Bantuan Berlabel BNPB

0

BOLSEL – Paket bantuan bahan pangan tambahan bagi nakes dan non nakes, bukan untuk aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD) diduga dimonopoli salah satu tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) untuk menjaring dukungan masyarakat pada paslon tertentu.

Informasi yang berhasil dihimpun, bantuan BNPB  dikemas dalam kantong berwarna putih bertuliskan BNPB ini berisikan 1 bungkus kacang ijo, 1 bungkus kacang tanah, 2 ikan kaleng dan 1  tepung terigu, diserahkan oleh Anggota DPR RI, Felly Runtuwene saat menggelar reses pada minggu (18/10/2020), bertempat di Quen Resto Sondana, Kecamatan Bolaang Uki.

Kepala bagian (Kaban) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel, Daanan Mokodompit ketika dihubungi melalui jaringan telepon mengaku tidak mengetahui mengenai penyaluran bantuan yang berlabel BNPB tanpa melibatkan Pemeritnah Daerah dalam hal ini dinas BPBD.“Tidak ada komunikasi maupun informasi kepada kami soal penyaluran bantuan itu,” tegasnya.

Baca juga : Iskandar-Deddy Komitmen Berikan Terbaik Untuk Rakyat Bolsel

Baca juga : Bolsel Raih Peringkat Satu Sensanitanasional Award Tahun 2020

Lanjut, dijelaskan untuk bantuan yang kami dapatkan dari BNPB terkait Covid-19 maupun bencana alam beberapa waktu lalu, sudah tersalurkan semuanya. Sejauh ini bantuan dari BNPB diberikan ke Pemkab melalui BPBD Bolsel, tetap satu pintu dari atas. Ini sejalan dengan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No 25 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pertanggungjawaban Bantuan Logistik Penaggulangan Bencana bahwa setiap bantuan logistik dari tempat asal sampai ke penerima harus dibawah koordinasi dan kendali Kepala BPBD.

Ia pun mengakui, sudah melakukan koordinasi dengan pihak BNPB dan mereka pun tidak tahu menahu terkait bantuan tersebut. Untuk mengatasi penyalahgunaan serta memastikan bantuan ini tersalurkan tepat sasaran kepada masyarakat maka kami sudah berkoordinasi dengan BNPB tentang keterlibatan tim sukses Paslon.”Setelah koordinasi terkait hal itu, pihak BNPB akan melakukan peninjauan dan kroscek dilapangan serta menurunkan tim dilapangan terkait bantuan itu. Yang jelas, tidak ada bantuan dari BNPB yang melibatkan Paslon,” pungkasnya.

Rudi

Leave A Reply

Your email address will not be published.