Batok Kelapa Disulap Jadi Produk Kerajinan Tangan

0

KOTAMOBAGU– Pemanfaatan bahan baku hasil pertanian berupa tempurung atau batok kelapa, rupanya mampu mendatangkan nilai yang ekonomis jika diolah menjadi sebuah produk kerajinan tangan.

Salah satu pengrajin batok kelapa asal Kelurahan Mongkonai Pelly Potabuga mengatakan, pemanfaatan bahan baku hasil pengelolaan kopra seperti tempurung ini, bisa dibuat sebuah produk kerajinan tangan, berupa cangkir serta asesoris dan miniatur.

“Di Kotamobagu sangat banyak produksi kelapa, nah batok kelapa ini bisa dibuat sebeuah produk kerajinan yang dapat menguntungkan kami para pengrajin usaha produktif,” ujarnya

Sebelumnya, dia pernah mendapat pelatihan cara mengolah bahan baku pertanian ini menjadi produk kerajinan tangan dari Dinas Peridustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu. Dari situ, kemudian Ia bisa mengetahui lebih banyak tata cara pengelolaan batok kelapa ini jadi sebuah produk kerajinan tangan.

Kepala Bidang Perindustrian Masita Buntuan mengatakan, pihaknya pernah mengadakan pelatihan pengolahan bahan baku tempurung bagi para pengrajin yang ada di kotamobagu.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut merupakan upaya pemerimtah untuk mendorong serta menumbuhkan wirausaha baru di Kotamobagu.

“Jadi nantinya mereka parqa pengrajin iini akan mengelolah batok kelapa ini jadi bentuk yang sangat kreatif, tentunya bernilai ekonomis dan memiliki harga jual. Nah, kalau sudah mempunyai prodak, diharapkan dapat meningkatkan usahanya khususnya dibidang kerajinan batok kelapa,” katanya

Leave A Reply

Your email address will not be published.