Prospek Menjanjikan, Warga Kotamobagu Kembali Budidayakan Tanaman Vanili

0

KOTAMOBAGU– Sejumlah warga Kota Kotamobagu kembali membudidayakan tanaman vanili. Tanaman yang satu ini memang dikenal menjadi salah satu tanaman rempah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bahkan tanaman vanili sempat menjadi emas hijau lantaran keuntungan yang dihasilkan terbilang fantastis.

Kini tidak sedikit masyarakat Kotamobagu yang sudah mulai melirik budidaya vanili ini. Salah satunya Ismail Kolintama, Warga Kelurahan Upai Kecamatan Kotamobagu Utara.

Ratusan tanaman vanili miliknya dikonsep semi modern dengan media tanam menggunakan tiang beton. Lahan vanili seluas 100 Meter persegi ini dilengkapi dengan penaung paranet untuk meminimalisir serangan hama penyakit pada tanaman.

Menurutnya, konsep penanaman vanili dengan menggunakan media tanan dari beton atau susunan batu bata sangat efektif bagi pertumbuhannya. Karena selain kualitasnya baik, juga ikut mendorong harga jual kamoditas ini.

“Kebiasaan lama kita bahwa vanili ditanam dan dibiarkan menjalar di pohon hidup, itu justeru yang membuat kualitas dan harganya bisa jatuh. Karena aroma wanginya akan diserap oleh pohon itu. Nah, kalau kita buat tiang permanan seperti ini, aromanya itu tidak berkurang dan kualitas vanili akan lebih baik,” ungkap Ismail

Konsep penanaman vanili modern juga kini menjai pilot projek bagi para petani yang ingin menggarap komoditas ini. “Sudah banyak yang datang belajar kepadanya cara mengembangkan komoditas vanili seperti yang dia lakukan, harga jualnya juga tinggi dan pemasarannya juga mudah,” pungkasnya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.