Boltim

Curah Hujan Tinggi, Warga Kotamobagu di Bantaran Sungai Diminta Waspada

0

KOTAMOBAGU– Warga Kota Kotamobagu yang berada di bantaran sungai atau Daerah Aliran Sungai (DAS) diminta waspada terhadap ancaman banjir meyusul curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Refly Mokoginta mengatakan, intensitas curah hujan yang tinggi cukup rentan terjadinya luapan air yang merembet ke pemukiman warga.

“Terutama warga yang tinggal di belantara sungai agar mewaspadai luapan air karena saat ini sedang musim penghujan. Jangan sampai terkena dampak banjir,” ujarnya, Jumat (03/07/2020).

Menurutnya, curah huja yang cukup tinggi tidak hanya terjadi di wilayah Kota Kotamobagu.

“Informasi dari Badan Meteologi Klimatologi Geo Fisika (BMKGF) seluruh Sulawesi Utara cuacanya merata. Hujan akan turun setiap harinya dari malam hingga esok paginya sampai dengan siang. Dan ini terjadi diseluruh Sulawesi Utara tidak terkecuali Kota Kotamobagu,” kata Refly.

Tak hanya warga yang ada di bntara sungai, Refly juga mengimbau warga yang berada di dataran tinggi yang rentan terjadi tanah longsor.

“Terutama warga yang tinggal di Kotulidan Kelurahan Gogagoman, Kelurahan Kotobangon khususnya bukit Ilongkow, untuk berhati-hati dengan tanah longsor. Namun jika terjadi bencana maka secepatnya menghubungi kami, atau pemerintah kelurahan desa setempat, sehingga mereka langsung berkordinasi dengan kita sehingga kita secepatnya menurunkan tim penanggulangan bencana,” tegas Refly

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.