6.452 Warga Kotamobagu Terdampak Covid-19, Terima Bantuan Sosial

0

KOTAMOBAGU– Sebanyak 6.452 Warga Kota Kotamobagu menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Mereka yang menerima bantuan merupakan warga kurang mampu yang terdampak ekonomi akibat pandemic Covid-19.

Penyaluran tersebut dilaksanakan di Kantor Pos Kotamobagu serta diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Rabu (13/05,2020).

Wakil Wali Kota mengatakan, hingga saat ini Pemerintah terus melakukan perbaikan data warga penerima bantuan sosial. “Semua data penerima bantuan baik PKH, BPNT dan lainnya dalam tahap perbaikan. Saat ini jumlah orang miskin di Kotamobagu 5,6 persen lebih rendah dari Sulut. Tapi yang terdatakan 15 persen, inilah yang dimaksud pembetulan data,” jelas Nayodo.

“Soal ada penerima ganda, yang paling penting tersalur, yang susahnya pada saat ada bantuan ini tiba tiba warga mengumumkan dia juga susah. Padahal secara ekonomi dia masih mampu. Tapi yakin Pemerintah tetap melakukan pembetulan data,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial, Sarida Mokoginta menjelaskan, sesuai data yang diterima pihaknya dari Kementerian Sosial (Kemensos), Kotamobagu mendapat BST sebanyak 6.452 penerima dengan besaran bantuan Rp600.000 setiap penerima, dan akan berlangsung selama tiga bulan.

“Untuk tahap tiga kita masih menunggu data bayar dari Kementerian Sosial. Setiap penerima mendapatkan Rp600.000 selama tiga bulan sejak bulan April. Penyaluran hari ini khusus untuk Kelurahan Gogagoman dan Kelurahan Molinow,” ungkap Sarida kepada wartawan.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Kotamobagu Abdul Hafid menjelaskan, penyaluran BST hari ini periode pertama tahap satu untuk bulan April. “Metode penyaluran dari Kantor Pos ada tiga metode, ada yang datang ke kantor pos langsung, ada di komunitas dan ada yang kami antarkan langsung ke penerima. Yang kami antarkan itu apabila masyarakat tidak sempat datang mungkin dia sakit, kami yang berkewajiban untuk mendatanginya. Rencana penyalurannya enam hari. Jadi, masyarakat tidak datang hari ini besok masi bisa,” pungkasnya (ADVETORIAL)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.