DPRD Bolsel Gelar Paripurna LKPJ Kepala Daerah Tahun 2019

0

BOLSEL – Ketua DPRD Arifin Olii memimpin paripurna penyampaian keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala Daerah tahun 2019, Senin (27/4/2020). Paripurna tersebut di gelar lewat vedio conference (Vidcon) di ikuti Bupati Bolsel, Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt serta anggota DPRD Bolsel.

Pada kesempatan itu, Bupati Bolsel menyampaikan perkembangan Kabupaten Bolsel selama tahun 2019 dari sektor kinerja makro. Menurutnya Indeks Pembagunan Manusia (IPM) merupakan indeks yang menunjukkan aspek-aspek peluang hidup panjang dan sehat, mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai, serta hidup layak. Indikator ini merupakan kemudahan dalam aspek sosial, budaya, dan aspek ekonomi.

“Pencapaian IPM Kabupaten Bolsel dalam tahun terakhir relatif cukup baik. Pada tahun 2017 IPM menyentuh angka 64,05 persen dan naik menjadi 64,49 persen pada tahun 2018 pada tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi 65,28 persen,” kata Bupati.

Lanjutnya, angka kemiskinan menjadi faktor yang terus diupayakan menurun sebagai salah satu indikator pembangunan. “Angka kemiskinan Bolsel terus mengalami penurunan setiap tahunnya, jika dilihat dari capaian tiga tahun terakhir tercatat angka kemiskinan pada tahun 2016 sebesar 14,85 persen turun menjadi 14,16 persen pada tahun 2017, kemudian pada tahun 2018 kembali mengalami penurunan sebesar 0,56 persen yakni diangka 13,60 persen,” ungkapnya.

Sementara untuk pertumbuhan ekonomi yang terjadi memberikan gambaran kenaikan nilai tambah yang dicapai oleh suatu daerah pada tahun tertentu. Laju pertumbuhan ekonomi Bolsel pada periode tahun 2015- 2019 terlihat terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Tahun 2019 perekonomian Bolsel tumbuh sebesar 6,43 persen. Meskipun demikian perekonomian tumbuh melambat dibandingkan dengan tahun 2018 akan tetapi angka tersebut mampu melampaui target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan dalam RPJMD 2016-2021 yakni sebesar 6,40 persen,” jelas Bupati Iskandar Kamaru.

Terpisah, Ketua DPRD Bolsel mengatakan perubahan dan keberhasilan yang telah dicapai pemda Bolsel agar terus ditingkatkan untuk mewujudkan harapan dan keinginan rakyat Bolsel.

“Untuk itu, ini menjadi tanggungjawab kita bersama, untuk senantiasa menjaga kemitraan yang harmonis dan kolaborasi serta kontribusi yang baik, sebagai perwujudan dan tanggung jawab dalam mengemban amanah rakyat tentunya demi kepentingan daerah yang kita cintai,” ujar Arifin.

Selain itu, ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolsel yang telah menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2019.

“LKPJ ini akan ditandak lanjuti, selanjuntnya DPRD mengagendakan pembentukan pansus laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah tahun 2019,” pungkasnya.

Paripurna ini turut hadiri sekretaris Daerah Marzanzius A. Ohy, S.STP, para Asisten Setda, kepala SKPD, Sekwan DPRD.

Advertorial

Leave A Reply

Your email address will not be published.