Boltim

Cegah Corona, Dinkes Bolsel Pantau Warga yang Berpergian Dari Daerah Transmisi

0

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus memantau penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Bolsel. Ini dilakukan setelah ditetapkan Provinsi Sulawesi Utara (Manado) sebagai Daerah transmisi lokal oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Dinas Kesehatan Bolsel Sandly Mokodongan mengatakan tim gugus tugas tetap fokus pada pencegahan penyebaran virus corona terutama pada orang memiliki riwayat berpergian ke daerah transmisi lokal.

“Bolsel belum masuk daerah transmisi lokal, di sini belum ada kasus PDP atau positif Covid-19,”ujar Sandly ketika dikonfirmasi IndonesiaPost usai mengikuti vedio conference dengan Kemenkes RI, di kediaman Bupati, Kamis (9/4/2020).

Ia pun mengajak kepada semua pihak agar tidak lengah dan tetap waspada dengan penyebaran Virus Corona.

Hal penting yang musti dilakukan masyakarat adalah menjaga kesehatan, kebersihan lingkungan dan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Selain itu masyarakat juga harus menerapkan social distancing, physical distancing, penyemprotan disinfektan di desa- desa dan penjagaan pintu masuk Bolsel,” tuturnya.

Disisi lain ia menjelaskan pihaknya akan berikan pemantauan lebih bagi warga yang baru saja datang dari Daerah transmisi.

“Bagi warga yang baru tiba dari Daerah transmisi akan diperiksa sesuai dengan protokol kesehatan,” terang Sandly

Lebih lanjut ia menekankan penanganan kepada setiap orang sebelum masuk rumah sangat penting dilakukan guna mengantisipasi membludak pasien di rumah sakit.

“Jangan menunggu orang sakit, lebih baik lakukan penanganan kesehatan lebih dulu di puskesmas,” tutup kadis kesehatan sandly. (Rudi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.