Di tengah Pendemi Covid 19, Pemkab Bolsel Sukses Gelar Musrebang RKPD 2021 Lewat Vedio Conference

0

BOLSEL – Ditengah bahaya pendemi virus corona atau covid-19 tak menghalangi upaya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk tetap menjalankan tugas yakni pelaksanaan tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Daerah yang telah selesai dilalukan pada Selasa (31/3/2020).

Agenda tersebut dilaksanakan secara daring (on line/ interaksi via email) mulai pukul 09.00 wita sampai dengan pukul 16.00 wita, bertempat Bapelitbangda kompleks perkantoran panango.

Bupati Hi. Iskandar Kamaru S.Pt dalam sambutannya yang disampaikan melalui vedio conference bahwa RKPD Tahun 2021 disusun berdasarkan orientasi proses melalaui pendekatan partisipatif, teknokratif, politis serta top-down dan bottom-up. RKPD Tahun 2021 juga dilaksanakan dengan menggunakan Pendekatan Holistik, Tematik, Integeratif dan Spasial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follow program dengan cara memastikan program yang benar–benar bermanfaat dan dialokasikan bukan sekedar tugas fungsi Perangkat Daerah.

“Tahapan ini sebagaimana diterbitkan Surat Mendagri No. 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 perihal pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 dan ditindaklanjuti dengan surat Edaran Bupati No. 100/292/III/2020/Sekr tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2021,” jelas Iskandar.

Dalam kesempatan itu Bupati menjelaskan beberapa permasalahan pembangunan Daerah Kabupaten Bolsel agar tetap menjadi perhatian semua OPD untuk pencapaian target.

Selain itu kata Bupati, penentuan prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Bolsel dalam RKPD Tahun 2021 mengacu pada Prioritas Nasional (RKP) dan Proritas Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2021 untuk peningkatan industri, pariwisata dan investasi diberbagai wilayah yang didukung oleh SDM dan Infrastruktur yang berkualitas.”Penguatan ekonomi Melalui Peningkatan Infrastruktur dan Pembangunan Manusia dengan 10 Rancangan Prioritas Pembangunan Daerah,” tandasnya. (*)

Berikut 10 rancangan prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Bolsel diantaranya:

  1. Penanggulangan Kemiskinan dan
  2. Pengangguran Pembangunan Infrastruktur.
  3. Peningkatan Sumber Daya Manusia.
  4. Reformasi Birokrasi dan Mental Spiritual Masyarakat
  5. Pembangunan bidang pendidikan.
  6. Pembangunan bidang kesehatan,
  7. Pengembangan Pariwisata dan Ketahanan Pangan dan Perikanan.
  8. Peningkatan investasi, Pengembangan Pasar dan UMKM,
  9. Ketenteraman dan Ketertiban Masyarkat, Pelestarian Lingkungan Hidup.
  10. Pencegahan dan Penanggulangan Bencana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.