Kapal Perang RI Usir Kapal Asing Dari Perairan Natuna

0

Jakarta – Laksdya Yodho Margono Panglima Komando Gabungan Wilayah I mengecek perairan Natuna dari udara pada hari Jumat (10/1/2020). Yudho melihat masih ada 30 kapal ikan asing yang berada di perairan Natuna Utara.

Yudho langsung memerintahkan tiga kapal perang Indonesia (KRI) yaitu KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359, dan KRI Jhon Lie 358 untuk menuju koordinat kapal-kapal asing yang terdeteksi.

“Laksdya TNI Yudho Margono menginstruksikan unsur di laut untuk melakukan langkah-langkah pengusiran terhadap kapal-kapal ikan tersebut untuk keluar dari wilayah laut Indonesia hingga keluar dari Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia,” berikut adalah keterangan tertulis dari Kabid Penum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman.

Tiga KRI itu awalnya akan melakukan komunikasi dengan coast guard yang mengawal kapal ikan asing agar keluar dari ZEE. Jika tetap tak keluar, kapal-kapal tersebut akan ditangkap dan diproses secara hukum.

“Masih terdapat sejumlah kapal di luar ZEE kurang-lebih 5 sampai dengan 10 mil di batas luar ZEE, maka KRI akan tetap disiagakan operasi patroli laut dan pesawat udara perairan Laut Natuna hingga ZEE untuk mengantisipasi kapal-kapal asing tersebut memasuki wilayah perairan Indonesia lagi,” pungkasnya. (Rdk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.