Waspada DBD Menyerang, Ini Himbauan Dinas Kesehatan

0

BENGKULU SELATAN – Menyusul datangnya musim penghujan. Yang mana biasanya, di musim hujan seperti saat ini, diketahui banyak tempat yang menjadi potensi perkembangan nyamuk. Kondisi ini harus diwaspadai dengan tetap menjaga kesehatan serta kebersihan.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan, Didi Ruslan mengungkapkan, sampai saat ini ada peningkatan kasus ada sedikit tetapi bukan suatu lonjakan yang signifikan. Namun, kata Didi kewaspadaan itu terus menjadi perhatian pihaknya.

“Dimusim penghujan diwaspadai dan dijaga bersama-sama penyebaran penyakit Demam Berdarah. Dengan kondisi cuaca saat ini, masyarakat harus lebih peduli terhadap kesehatan dan kekebalan tubuh. Segera periksakan diri, jika terjadi demam tinggi yang naik turun. Segera tes di layanan kesehatan terdekat,” kata Didi, Senin (14/10/2024).

Dirinya menyarankan, untuk memasang kasa ataupun jaring anti nyamuk di ventilasi, baik pada ventilasi pintu ataupun jendela rumah, agar nyamuk dari luar tidak masuk ke rumah.

 

Kedua, memasang kelambu untuk mencegah nyamuk menyelinap masuk pada senja hari, yaitu ketika nyamuk mulai keluar.

“Mari sama-sama kita lindungi diri dengan lotion ataupun krim anti nyamuk, kalau bisa bawa kemana pun pergi. Kemudian, rajin menguras bak mandi atau ember penampungan air seminggu sekali, karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, karena nyamuk aedes aegypti bisa bertelur di bak. Bersihkan seluruh wadah yang menampung air untuk memutus siklus nyamuk seperti dispenser, pot bunga air dan lainnya,” terang didi.

Lanjutnya, jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, hal tersebut memicu nyamuk sering hinggap karena nyamuk suka aroma tubuh manusia. Ketujuh, menanam tanaman anti nyamuk, seperti lavender, papermint, tapak dara hingga serai wangi.

“Pastikan selalu menjaga daya tahan tubuh, supaya tidak mudah sakit, termasuk tidak mudah terkena DBD. Makan teratur dan konsumsi vitamin mineral, misalkan dari sayur-sayuran, buah-buahan ataupun dari suplemen makanan. Selain itu, olahraga teratur misalkan 30 menit sehari, bisa jogging, bersepeda dan juga pastikan istirahat ataupun tidurnya cukup,” pungkasnya. (thor)

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.