Pj Wali Kota kotamoabagu Abdullah Mokoginta dan Keluarga Ikuti Prosesi Adat “Poponikan In Komalig Moloben”

0

KOTAMOBAGU- Penjabat WaliKota Kotamobagu yang baru Abdullah Mokoginta SH Msi dan keluarga mengikuti prosesi adat poponikan kong komalig moloben, bertempat di Rumah Dinas WaliKota, Rabu 14 Agustus 2024.

Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben, diawali dengan kunjungan Tua Adat dari Komalig Moloben yang menyampaikan bahwa Tua Adat dan Pemerintah Kota Kotamobagu telah siap menerima kedatangan Pj. Wali Kota bersama Istri, Ny. Suzanna Mokoginta Mooduto., S.H., dan Keluarga di Komalig Moloben.

Saat tiba di halaman Komalig Moloben, Pj. Wali Kota Kotamobagu bersama Istri dan Keluarga disambut oleh Nanu dan Uyo’ Kotamobagu untuk menerima pengalungan bunga, serta mengikuti Prosesi Adat yakni Itum – itum dan Tari Tuitan untuk menuju kedepan Komalig Moloben atau Rumah Jabatan Wali Kota Kotamobagu.

Pj. Wali Kota Kotamobagu dan Keluarga kemudian memasuki Komalig Moloben dan disambut oleh Tua adat Komalig Moloben dan Empat orang Panggulu selaku Pemangku Adat dari empat wilayah di Kota Kotamobagu.

Tiba di depan Komalig Moloben, Pj Wali Kota Kotamobagu bersama Istri dan Keluarga disambut Tua Adat, kemudian berjalan melewati Tolatak Sinontanday atau Tangga Adat Kebesaran, sebelum memasuki Komalig Moloben. Seluruh prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben tesebut, diakhiri dengan Mintahang atau Doa Syukuran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.