Dipertanak Kotamobagu Turun Lapangan, Pastikan Hewan Qurban Aman

0

KOTAMOBAGU- Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu turun melakukan pemeriksaan hewan qurban di pasar hewan maupun tempat pengepul, Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024.

Hal ini diungkapkan Kepala Distankan Kotamobagu melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bobby Damopolii, Kamis 13 Juni 2024.

“Pemeriksaan hewan qurban sudah kami lakukan sejak dua hari lalu di tingkat pedagang atau pengepul hingga pasar hewan. Hal ini untuk memastikan kesehatan hewan qurban bebas dari penyakit berbahaya,” ujar Bobby.

Selain di Pasar Hewan lanjutnya, pemeriksaan kesehatan hewan qurban juga akan dilakukan di 33 desa dan kelurahan se Kota Kotamobagu.

“Kami sudah menyurati lurah dan sangadi bahwa akan ada pemeriksaan hewan qurban baik sebelum maupun sesudah disembelih pada pelaksanaan hari raya idul adha, jika sudah ada data dari lurah dan sangadi maka tim dari Distankan termasuk dokter hewan akan turun langsung untuk melakukan pemeriksaan,” terangnya.

Ia pun berharap, para lurah dan sangadi di 33 desa/kelurahan proaktif menyikapi surat pemberitahuan yang dilayangkan, guna memastikan daging hewan qurban aman dan layak dikonsumsi masyarakat lebih khusus para penerima yang berhak.

“Biasanya H-2 Idul Adha sudah ada hewan baik sapi atau kambing di tiap desa dan kelurahan. Namun jika data hewan qurban di tiap desa dan kelurahan lebih cepat masuk maka tim segera turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.