Gelar Konsultasi Publik, Pemkot Kotamobagu Mulai Susun RPJPD Tahun 2025-2045

0

KOTAMOBAGU- Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar kegiatan Konsultasi Publik penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kotamobagu tahun 2025-2045, yang dilaksanakan di aula rumah dinas wali koa, Rabu 13 Desember 2023.

Pj Wali Kota Asripan Nani dalam kesempatan itu mengatakan bahwa RPJPD tahun 2025-2045 sudah menjadi tuntutan dan keharusan bagi sebuah daerah merencanakan pembangunan menuju tahun emas pada 2045 mendatang.

“Tahun 2045 adalah tahun emas. Dimana seluruh masyarakat Indonesia tahun 2045 sudah clear dalam semua aspek. Dalam forum ini kita akan sama-sama membahas  tahun 2025 Kota Kotamobagu seperti apa dan hasil musyawarahnya nanti, akan dituangkan dalam peraturan daerah. Jadi siapapun yang akan menjadi kepala daerah rentan 20 tahun ke depan, maka dokumen tersebut yang akan dirumuskan ini akan menjadi pegangan hingga tahun 2045,” ujarnya.

Berkaitan dengan perumusan RPJPD, Asripan menilai hal yang menjadi instrumen terpenting adalah

Menurutnya, salah satu yang menjadi instrument terpentning dalam perumusan RPJPD adalah kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Olehnya harus dipersiapkan dari sekarang, karena Implementasi dalam sebuah program, memuat instrumen penguatan SDM, sehingga masa depan Kota Kotamobagu 2045 mendatang, akan kita tentukan dengan rumusan pada hari ini,” ungkapnya.

“Saya yakin yang hadir hari ini merupakan representasi mewakili pikiran cerdas masyarakat kotamobagu yang nanti bisa melahirkan sebuah kebijakan yang berpihak dalam upaya meningkatkan derajat masyarakat Kotamobagu agar sejajar dengan daerah lain di Indonesia,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kotamobagu Chelsia Paputungan, menambahkan, tujuan pelaksanaan FGD ini sendiri guna menampung saran dan masukan dari seluruh stakeholder dalam rangka penyusunan RPJPD Kota Kotamobagu tahun 2025-2045.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini sendiri untuk memperoleh masukan dan saran dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari unsur Forkopimda, Akademisi, Politik, Asosiasi, Perbankan, Kelompok wanita, LSM, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, komunitas dunia usaha serta perangkat daerah dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kota Kotamobagu Tahun 2025- 2045,” terangnya.

Kegitan itu juga turut dihasitri oleh Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, dan Seluruth OPD Pemkot Kotamobagu. (ADV)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.