Kawal Pemilu 2024, Mappilu PWI Sulut Bangun Sinergi dengan KPU dan Bawaslu

0

SULUT- MASYARAKAT dan Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara gelar Rapat Kerja bersama KPU dan Bawaslu Sulut, di RM Mawar Sharon Wanea Manado, Jumat 2 Juni 2023.

Raker yang dibuka Ketua PWI Drs Voucke Lontaan, diikuti seluruh Ketua PWI dan Pengurus MAPPILU kota dan kabupaten se Sulut.

Dalam sambutannya, Voucke Lontaan mengakui, saat ini PWI Pusat telah menandtangani MOU dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Untuk itu MAPPILU sebagai perpanjangan tangan pengawasan pemilu yang melibatkan insan pers, tokoh agama, masyarakat dan ormas/LSM harus mempersiapkan SDM nya,” kata Voucke.

“Raker ini jelas Voucke sangat penting, untuk koordinasi dan evaluasi lintas internal Mappilu Kabupaten/ Kota serta penyelenggara pemilih,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua MAPPILU PWI Sulut Jimmy H Senduk.S.Sos dalam laporannya mengatakan dalam rangka mengawal Pemilu 2024 MAPPILU bersinergi dengan BAWASLU Sulut bersama KPU Sulut.

“Makanya Raker 2023 ini kami mengundang Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dan Unsur Bawaslu yang di hadiri Kasek Aldrian Christin untuk sama-sama memberi masukan guna pengawalan Pemilu 2024 di Sulut,” ujar Senduk.

Wakil Ketua Organisasi dan Keanggotaan PWI Sulut ini menambahkan, pihaknya juga ada regulasi secara internal MAPPILU dalam melakukan pemantauan. Nantinya hasil temuan ini di informasikan ke IG MAPPILU.

Sementata itu Ketua KPU Sulut Kenly Poluan menjabarkan beberapa aturan dan ketentuan berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal yang sama juga dipaparkan Kasek Bawaslu Sulut Aldrin Christian, terutama soal pengawasan dan fungsi pemantauan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.