Bupati Sachrul Mamonto Sambut Kedatangan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah di Boltim

0

BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menyambut secara resmi kedatangan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah, di kantor Bupati, Kamis (4/8/ 2022).

Kedatangan orang nomor satu di Kerajaan Ternate ini disambut oleh Bupati bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim secara Adat Mongondow.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Khaeruddin Mamonto mengatakan, setelah diterima secara resmi di kantor Bupati, Sultan Ternate akan melanjutkan agendanya di Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan.

“Setelah pertemuan dengan bapak Bupati, Sultan akan menuju Desa Matabulu untuk melaksanakan pengukuhan kerukunan keluarga etnik Ternate,” singkat Bullo, sapaan akrab Kepala Diskominfo

Sementara itu, Sultan Hidayatullah Sjah menjelaskan terkait kunjungannya ke Daerah Timur Totabuan ini, dalam rangka jalin silaturahmi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Lebih khusus masyarakat asal Maluku Utara yang sudah ratusan tahun menetap di Boltim

“Kunjungan ini juga dalam rangka membangun ikatan kerjasama untuk membangun kemajuan kebudayaan serta pariwisata antara Boltim dan Kota Ternate,” katanya.

Sultan juga menjelaskan, bahwa Boltim dan Ternate memiliki sejarah yang begitu panjang.

“Dahulu Bolaang Mongondow pernah menjadi wilayah Kerajaan Ternate, dan lebih khusus lagi saya yang merupakan Sultan Ternate merupakan keturunan Raja Cornelis Manoppo. Artinya saya juga masih keturunan Raja Mongondow dan saya kesini seperti pulang kampung,” terangnya.

Lanjut Sultan Hidayatullah. Dengan demikian, Kesultanan Ternate juga akan memberikan gelar kepada Bupati Boltim.

“Kami juga akan memberikan gelar kepada pak Bupati yaitu gelar Salahakan. Salahakan adalah Wakil Sultan yang ditempatkan di wilayah yang dulu pernah diduduki oleh Kesultanan Ternate, berdampingan dengan Raja Mongondow, dan ini kami wujudkan kembali dengan satu tujuan yakni membangun kebudayaan demi mewujudkan pariwisata yang lebih maju,” tutupnya. (Adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.