Boltim

Komitmen Dorong Pariwisata dan UKM, PT Adira Finance Kolaborasi dengan Kemenparekraf Gelar FKL di Likupang

0

SULUT- PT Adira Finance terus berkomitmen mendukung pengembangan potensi wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Super Prioritas Likupang.

Salah satunya dengan mengikuti kegiatan Likupang Festival Tourism, yang dilaksanakan di Pantai Pall, Likupang, 30-31 Oktober 2021.

Tak terkecuali PT Adira Finance Kotamobagu, yang juga turut hadir mengikuti dan mensponsori serta support Adira dari momotor, momobil dan moservice.

Sejumlah kegiatan yang dihadirkan dalam kegiatan itu diantaranya, Lomba Bakar Ikan, Perahu Hias, Lomba Batobo dan Paralayang.

Kepala Adira Kotamobagu bersama Kadis Pariwisata Minut.

Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan. Hal ini sesuai visi Adira Finance “Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.

“PT Adira Finance Kotamobagu join disana sebagai salah satu Komitmen Adira untuk terus mempromosikan Likupang sebagai salah satu Daerah Super Prioritas di indonesia. Dimana saat ini sedang berlangsung secara Virtual untuk mengangkat UMKM ke tingkat Nasional bahkan Internasional,” kata kepala Adira finance Kotamobagu Boyke Mekel

Seperti diketahui bahwa, daerah Likupang di Sulawesi Utara saat ini menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia.

Memiliki keindahan alam hijau terbuka, pantai, bahkan pengalaman budaya lokal dengan keunikan habitat penyu hijau, serta aneka burung unik seperti Makaka Hitam dan Maleo, membuat Likupang menjadi salah satu fokus pemerintah memajukan pariwisata di Indonesia.

Dalam mendukung kawasan tersebut sebagai sebuah destinasi pariwisata, Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berkolaborasi menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) 2021 untuk mendorong UKM bidang ekonomi kreatif dalam memaksimalkan peluang mereka tumbuh, serta mengangkat nilai tambah produk dan jasa agar berkualitas internasional.

kegiatan pelatihan yang diberikan kepada UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 menitikberatkan kepada pelatihan peningkatan skill usaha, serta kemampuan untuk memasarkan produk dan jasa mereka agar lebih menarik di pasaran.

Dari puluhan pelaku UKM di Likupang yang berasal dari kategori usaha fesyen, kuliner, dan kriya, berdasarkan proses pelatihan dan penjurian awal, terpilih 8 UKM local hero yang akan mewakili Likupang untuk meraih Kreatif Lokal Award.

Mereka adalah:

Kuliner :

• Redo Coffee
• Miens Souvenir
• Meldeb Kitchen

Kriya :

• Manado Ecocrafts
• Yannie Handycraft
• Rumah Passir

Fashion :

• Zabay Collection
• Batik Bacirita

Mereka bakal menjalani penjurian lanjutan dari para tokoh yang memiliki kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M-bloc Space, Handoko Hendroyono, selaku Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan Kreatif Lokal Award yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai tambahan motivasi, UKM terbaik juga akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online.

Demi menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance menggandeng beberapa pihak untuk mendukung penyelenggaraannya, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, serta Baba Rafi Enterprise dan Prasetiya Mulya Executive Learning Institute (ELI).

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Minut yang juga Sekretaris Panitia Audy Sambul sangat mensupport kegiatan FKL Likupang. Ia juga berterimakasih kepada seluruh panitia dan peserta yang berpartisipasi. Kata dia, meski di tengah semua keterbatasan, iven bisa tetap sukses digelar dengan prokes ketat.

“Semua yang kurang akan kira matangkan di tahun-tahun selanjutnya. Apalagi ini sudah menjadi iven pariwisata yang masuk kalender nasional,” tukasnya

Ketua Panitia Likupang Tourism Festival 2021 Nhina Kindangen dalam laporannya mengungkapkan, iven nasional terbesar pertama yang dilaksanakan di DPSP Likupang itu, masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021. Kegiatan melibatkan Tim Basarnas, Dinas Kesehatan serta Polri dan TNI selama festival berlangsung.

Informasi selengkapnya tentang Festival Kreatif Lokal 2021, kunjungi festivalkreatiflokal.co.id.

Leave A Reply

Your email address will not be published.