Boltim

Bupati Bolsel, Selain Pusat Kesehatan, Puskesmas Harus Jadi Sarana Edukasi dan Bimbingan Kesehatan

0

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar kamaru bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid terus memaksimalkan program dan pelayanan pemerintahan bagi masyarakat. Peresmian gedung baru Puskemas Duminanga, Kecamatan Helumo, Kamis (4/3/2021), menjadi agenda kerja kedua pasca dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolsel beberapa waktu lalu.

Giat Bupati dan Wakil Bupati ini merupakan wujud nyata serta keseriusan dalam menjalankan semua program yang sudah disampaikan ketika sosialisasi kampanye pada pilkada 2020.

Di kesempatan itu, Bupati menyampaikan peningkatan jaminan kesehatan lewat palayanan secara menyeluruh dan terpadu suatu hal yang penting dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan masyarakat di setiap masing-masing wilayah kerjanya.

“Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat harus dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga masyakarat yang berobat bisa sembuh serta pulang dengan penuh senyuman. Disisi lain, puskesmas juga harus menjadi sarana eduksi dan bimbingan kesehatan yang ramah bagi masyarakat,” ucap Iskandar.

Ia menuturkan,  pelayanan kesehatan ramah dan santun akan memberikan image baik pula dengan begitu optimisme bahwa puskemas merupakan tempat yang baik dan nyaman untuk berobat, sehingga mereka bisa merasakan betul kehadiran Pemerintah di tengah masyakarat. “Seperti moto CEPAT (Cinta, Elok, Profesional, Akuntabel dan Tepat) pada puskesmas ini, memang harus dijalankan sebaik mungkin,”tegasnya.

Top eksekutif di bumi religius ini Bolsel mengharapkan puskesmas terus menedukasi masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan  di tengah mewabahnya virus Covid 19 ini.“ajak masyarakat agar tetap Ikuti anjuran pemerintah agar virus ini cepat teratasi apalagi kita sebentar lagi akan menghadapi bulan suci Ramadhan,” akunya.

Tak hanya itu, kata Iskandar dimasa jabatan hanya tiga tahun setengah pihaknya menegaskan supaya semua stakeholder untuk menyatukan visi bersama dalam membangun daerah. “Terutama kegiatan pembangunan yang bersumber dari dana APBD maupun APBN agar dapat berjalan lancar sesuai yang ditargetkan,” kata Isakandar dan menambahkan masyarakat diminta pula untuk mengawasi semua kegiatan pembangunan.

Di tempat yang sama, Camat Helumo, Noldy Tangahu, mengatakan jika program pembagunan Pemda  yang masuk di Kecamatan terdapat beberapa yang telah dianggarkan tahun 2021 ini.

Ia menambahkan, untuk program kegiatan yang sudah melapor dan yang telah dijalankan untuk tahun 2021 ini yaitu: pembangunan jembatan Desa Sinandaka; penangkal ombak di Desa Bakida; Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Desa Biniha Selatan; Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Program pengembangan Infrastuktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). ,”Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Helumo mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolsel,” tutup Noldy. (Rudi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.