Boltim

Profil Singkat Almarhum Anton Miharjo, Aktivis 98, Peneliti dan Pemerhati Sosial Politik

0

Anton Miharjo Bin Kaimuding telah Berpulang ke Rahmatullah. Pria yang akrab disapa Anton ini merupakan Aktifis 98 Sulut. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di RS Sari Asih Tangerang, Banten, pada Minggu (29/11/2020).

Almarhum sebelumnya telah disemayamkan di rumah duka Jalan Kesehatan 1, Kav. 22 Nomor 2, Kelurahan Cipayung RT O2/RW 09, Kecamatan Ciputat, kemudian akan di kebumikan di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, pada Senin ini.

Anton sempat menjalani perawatan intensif di RS, berjuang melawan kanker paru yang diidapnya.

Nama Anton begitu akrab dengan dunia pergerakan dan aktivis di Sulut. Menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Unsrat, Anton merupakan aktivis 98.

Ia dekat dengan sesama aktivis 98 lain di Sulut. Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) adalah sahabat karibnya.

Lepas Reformasi 98, Anton tetap memilih jalur aktivis. Ia banyak mengadvokasi masyarakat kecil, kelompok marginal.

Namanya lekat dengan sejumlah NGO di Manado yang banyak bergerak di bidang advokasi masyarakat di bidang hukum, lingkungan dan sosial kemasyarakatan lainnya.

Suami dari perempuan asal Kotamobagu, Rosma Kadengkang ini pernah menjadi Koordinator Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP).
Ia pernah juga memimpin Yayasan Berdikari di Sulut.

Beberapa tahun terakhir, Anton fokus pada Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) sebagai Manager Konsultan. Tidak jauh-jauh dari politik. Pemerintahan.

Kendati bergulat dengan sakit, Anton masih produktif menyampaikan opininya terkait politik pemerintahan lewat tulisan-tulisannya yang bernas.

Jenazah bapak tiga putri, Nabila, Rere dan Queen ini akan dikebumikan di kampung sang istri, Kelurahan Mongkonai, Kotamobagu, Senin (30/11/2020).

Adapun riwayat Almarhum yakni, Pernah menjadi Pimpinan Komite Kota DPR Daerah Kota Bitung.

Sebagai Konsultan Politik Pilkada Gubenur Sulut yang memenangkan Sinyo Hary Sarudajang sebagai Gubernur.

Aktif di Yayasan Dian Rakyat Indonesia (YDRI) bersama BP2MI Benny Ramdhani dan Jim R Tindi.

Aktif berjuang bagi pembaharuan agraria di Komite Perjuangan dan Pembaharuan Agraria (KPPA).

Aktif di KIP Sulut INSIST Kontras

Aktif sebagai mentor/ konsultan di Partai Solidaritas Indonesia.

Almarhum juga aktif sebagai Manager di Saiful Mujani Research and Colsulting (SMRC) yang pernah memenangkan Pesiden Joko Widodo selama dua periode, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Tengah dan masih banyak daerah lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.