Pria Ini Menjadi Manusia Kedua di Dunia Yang Sembuh Dari HIV

KESEHATAN

0

IPNKes – Seorang pria asal London, Inggris berusia 40 tahun menjadi manusia kedua di dunia yang dinyatakan sembuh dari  penyakit mematikan yaitu infeksi HIV (Human Imunodeficiency Virus). Dari hasil tes untuk 30 bulan terakhir pasien tersbut tidak lagi menunjukkan adanya virus di tubuh pasien tersebut.

Awalnya pasien pria itu hanya disebut ‘Pasien London’, yang berusia 40 tahun, Belakangan mengungkap identitas aslinya sebagai Adam Castillejo. Ia pertama kali divonis mengidap HIV pada tahun 2003 yang lalu.

Tahun lalu, para ilmuwan yang menangani Castillejo melaporkan bahwa Ia mengalami ‘remisi jangka panjang’ setelah menjalani transplantasi sumsum tulang. Saat itu, Adam Castillejo telah dinyatakan bebas dari virus selama 18 bulan.

Kini, 12 bulan kemudian setelah itu, dokter yang menangan Adam Castillejo makin yakin bahwa kasus ini menunjukkan progres yang baik yaitu kesembuhan.

“Kami mengusulkan bahwa hasil ini menunjukkan kasus kedua pasien sembuh dari HIV,” kata Ravindra Kumar Gupta, profesor mikrobiologi klinis dari University of Cambride seperi dilansir dari Detik.com.

Diketahui selain Adam Castillejo adalah manusia kedua yang sembuh dari HIV, Manusia pertama yang sembuh dari HIV adalah Timothy Brown, atau dikenal sebagai ‘Pasien Berlin’. Sama seperti Castillejo, Brown juga menjalani transplantasi sumsum tulang pada 2007 dan kini telah bebas HIV selama lebih dari 10 tahun setelah dinyatakan sembuh.

Meski demikian, para ilmuwan menekankan bahwa transplantasi semacam itu tidak akan menjadi terapi standar bagi seluruh pasien HIV. Selain karena berisiko, baik Castillejo maupun Brown menjalaninya lebih untuk mengatasi penyakit kangker dibanding HIV. (Rud/Dct)

Leave A Reply

Your email address will not be published.