PLN Gantikan Meteran Listrik Manual dengan Modem berteknologi tinggi

0

Jakarta – PT PLN (Persero) terus berupaya memberikan yang terbaik untuk pelanggan setianya, kini pelayanan terbaik bagi pelanggan kelas atas dengan pemasangan sistem Automatic Meter Reading (AMR). Teknologi ini memungkinkan pelanggan mengakses data penggunaan listrik secara real-time. Sistem tersebut diaplikasikan pada pelanggan dengan daya listrik mulai dari 6.600 Volt Ampere (VA) ke atas.

Gregorius Adi Trianto Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN menjelaskan bahwa pihaknya tengah terus meningkatkan pelayanan pada pelanggan PLN dengan pemasangan sistem AMR. Sistem tersebut bisa membaca penggunaan listrik melalui saluran komunikasi tertentu secara terintegrasi.

“AMR adalah teknologi otomatis pembacaan meter energi listrik menggunakan software tertentu melalui saluran komunikasi Global System for Mobile Communication (GSM) secara terpusat dan terintegrasi untuk mendapatkan data beban energi listrik secara real time,” jelas Gregorius dilansir dari CNBC Indonesia.

Melalui sistem ini, pengecekan listrik dapat dilakukan secara langsung oleh pelanggan, tanpa perlu petugas yang datang ke lapangan. Selain itu, pelanggan juga bisa memantau konsumsi energi yang digunakan dan menyesuaikan penggunaannya agar lebih efisien dalam pemakaian listrik.

Diketahui hingga saat ini, sebanyak 514.324 pelanggan PLN telah menikmati layanan ini. Jumlah tersebut setidaknya 63% dari total pelanggan berdaya 6.600 VA ke atas yang tercatat sebesar 819.565.

Sistem AMR saat ini diberlakukan untuk pelanggan PLN dengan kWh Meter 3 Phasa atau dengan daya 6.600 VA, 10.600 VA, 13.200 VA, 16.500 VA, hingga 23.000 VA. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.