Bawaslu Bolsel Awasi Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati dan Wakil Bupati di RSUP Kandow

0

Bolsel – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terus menjalankan tugasnya dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu, termasuk proses pemeriksaan kesehatan yang saat ini sedang berlansung. Sabtu (31/8/2024).

Pemeriksaan kesehatan ke-Dua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. DR. R. D. Kandow Manado.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan bagi para calon peserta Pemilu yang dimulai sejak 30 Agustus s/d 1 September 2024.

Tim pengawasan yang di pimpin lansung oleh Ketua Bawaslu Bolsel, Wira Bidjuni, menegaskan bahwa pengawasan ini dilakukan untuk menjaga integritas dan kredibilitas seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daera (Pilkada).

 

“Kami di Bawaslu Bolsel memiliki komitmen kuat untuk memastikan bahwa setiap proses yang berlangsung termasuk pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku,” ucap Wira.

Ketua Bawaslu juga menambahkan, pengawasan pemeriksaan kesehatan pasangan calon dilakukan guna memastikan tidak ada yang terlewat pemeriksaannya dan semua pasangan calon mendapat perlakukan yang sama dalam proses pemeriksaan kesehatan ini

“Pengawasan ini memastikan bahwa seluruh prosedur pemeriksaan dilakukan dengan benar dan sesuai, serta tidak ada satu pun item pemeriksaan yang terlewati,” ujarnya.

Hirsan Mohamad, selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Bolsel, turut memastikan bahwa proses pemeriksaan kesehatan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku tanpa ada pelanggaran atau penyimpangan.

“Kami akan terus mengawasi dengan ketat proses pemeriksaan kesehatan kedua bakal calon sampai selesai, ujar Hirsan.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di RSUP Kandow Manado ini melibatkan sejumlah tenaga medis profesional yang akan menilai kondisi fisik dan mental serta pemeriksaan lainya. Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi salah satu syarat kelayakan bagi para calon untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Dengan adanya pengawasan ketat dari Bawaslu Bolsel, diharapkan seluruh rangkaian tahapan dapat berjalan lancar dan bebas dari berbagai bentuk kecurangan. (NL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.