Hadiri Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Ketua Bawaslu Kotamobagu Sebut Pentingnya Peran Pemuda dalam Pengawasan Pilkada

0

KOTAMOBAGU – Ketua Bawaslu Kotamobagu Yunita Mokodompit S.Sos mengatakan bahwa peran pemuda sangat penting dan strategis dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sedang berlangsung.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Sosialisasi Penyuluhan Produk Hukum dan Pendidikan Pemilih bagi pemuda se kotamobagu yang diselenggarakan KPU Kotamobagu, di kafe strawberry, Kamis 25 Juli 2024.

“Masyarakat dan pemuda bisa terlibat dalam hal pengawasan. Misalnya, bisa melihat proses penyelenggaraan di lapangan, jika kemudian prosesnya tidak sesuai maka bisa dilaporkan, ke Bawaslu Kotamobagu,” ucap Yunita.

Bawaslu Kotamobagu menurut dia, terus melakukan pengawasan tahapan Pilkada serentak 27 November nanti.

Namun tentunya dalam pengawasan, tidak terlepas dari ketentuan yang mengatur terkait dengan proses tahapan ini.

“Tugas kami Bawaslu Kotamobagu yang pertama mengawasi berjalanya proses coklit itu sesuai dengan ketentuan dan undang-undang. Kemudian menjamin hak pilih warga,” ujarnya.

Bawaslu Kotamobagu juga saat ini telah membuka Posko kawal hak pilih, untuk menerima dan menyerap seluruh laporan dari masyarakat jika kemudian adanya pelanggaran.

“Kita berharap, Pilkada serentak ini bisa berjalan dengan baik dalam, dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.