Di HUT Bolsel ke-16, Bupati Bolsel Sampaikan 3 Tahun Capaian Kepemipinan BERKAH

0

BOLSEL- Perayaan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) ke-16, diperingati dalam sebuah upacara bendera yang digelar di Alun-Alun Molibagu, Kec. Bolaang Uki, Senin (22/7/2024).

Acara tersebut mengusung tema “Gotong Royong Bersama Rakyat Menuju Bolsel Mandiri dan Sejahtera”.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Ketua DPRD Ir. Ariffin Olii, Kapolres Indra Wahyu Madjid SIK bersama unsur Forkopimda kabupaten, Danpos TNI-AL, Ketua TP-PKK Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo dan Sekretaris Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP bersama para pejabat tinggi pratama Pemda, para sangadi dan BPD, tokoh masyarakat BMR Ny. Hj. Marlina Moha Siahaan (MMS) dan Ir. Djainuddin Damopolii, Kepala BI Perwakilan Prov. Sulut, pimpinan instansi vertikal, jajaran ASN dan undangan lainnya.

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt dalam pidatonya mengajak seluruh kalangan untuk menjadikan peringatan HUT ke-16 sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang kita raih saat ini adalah berkat kerja keras para pendahulu kita.

“Tugas kita hanyalah melanjutkan pembangunan yang telah mereka rintis dan perjuangkan, sehingga daerah ini menjadi daerah yang terus berbenah ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu Bolsel ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menjadi bagian penting dari perjalanan daerah baik para pejuang, sesepuh, pinisepuh, para alim ulama, serta tokoh-tokoh yang sejak disahkannya Bolsel sebagai daerah otonom pada 21 Juli 2008, telah memiliki komitmen yang besar untuk memperjuangkan kemajuan daerah.

“Ucapan terima kasih juga kepada seluruh jajaran birokrasi, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke tingkat desa karena tanpa birokrasi yang kompeten, loyal dan profesional, prestasi pemerintahan tidak akan mungkin terukir dalam sejarah daerah tercinta ini,” ungkap dia.

“Ucapan yang sama juga ditujukan kepada segenap lapisan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda, organisasi pemuda, organisasi wanita, insan pers, serta kalangan dunia usaha, partisipasi masing-masing kita baik kecil maupun besar telah memberi makna pembangunan selama ini,” lanjut top eksekutif ini.

Selanjutnya, Bupati Iskandar menguraikan sejumlah pencapaian yang telah diraih selang tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid di antaranya pertumbuhan ekonomi Bolsel tumbuh positif di angka 5,33 persen, dan Angka kemiskinan turun jadi 12,04 % serta ingkat pengangguran terendah di Sulut di angka 2,55%.

“Terhadap permasalahan yang belum sepenuhnya tuntas terselesaikan, kita patut menanamkan tekad agar di masa mendatang, Bolsel akan jauh lebih baik dari hari ini. Untuk itu saya mengajak semua pihak agar dapat lebih merekatkan hubungan, memperkuat barisan untuk gotong-royong membangun daerah tercinta ini,” ujarnya.
“Akhirnya atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama pemerintah daerah, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-16 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tahun 2024,” pungkas pemimpin pilihan rakyat ini.

Menariknya, usai upacara Bunda MMS tampil memberikan testimoni selaku tokoh yang membidani pemekaran sekaligus mengajak Bupati Iskandar dan Wabup Deddy menyanyikan beberapa tembang kenangan.

Capaian 3 (tiga) tahun kepemimpinan Bupati H. Iskandar Kamaru SPt bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid :

– Tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Bolsel tumbuh positif di angka 5,33 persen, mengalami percepatan dibandingkan pertumbuhan tahun 2022 yang hanya mampu tumbuh sebesar 5,20 persen.
– Menurut rilis BPS, selang 16 tahun sebagai daerah otonom, Bolsel mampu menurunkan angka kemiskinan sebesar 6,77 %, dari 18,81 % di tahun 2010 menjadi 12,04 % di tahun 2023, sedangkan angka kemiskinan ekstrem sesuai dengan data P3KE Kemenko PMK sejumlah 8.900 jiwa setelah dilakukan pendataan dan pengendalian berdasarkan Perbup No. 129 tahun 2023 tentang Penetapan Data Sasaran Keluarga Miskin Ekstrem, sudah tidak ada lagi atau 0%.
– IPM tumbuh dari 59,77 % di tahun 2010 menjadi 66,40 % pada tahun 2023, meningkat sebesar 6,63 %.
– Tingkat pengangguran terendah di sulut, di angka 2,55 % di tahun 2023
– Gini raaio di angka 0,31 % yang berarti kecilnya ketimpangan pendapatan antar wilayah di Bolsel, angka terendah di Sulut.
– Bidang penyelenggaraan pemerintahan daerah, Bolsel berhasil meraih peringkat ke dua sulut atas prestasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan skor 3,0978 dengan status kinerja sedang.
– Opini WTP ke 10 kali berturut-turut atas pengelolaan keuangan daerah dari BPK-RI.
– Penghargaan kabupaten peduli HAM dari Kemenkumham tahun 2016-2022.
– Penghargaan penyelengaraan Kabupaten Sehat tahun 2021.
– Terbaik 2 sebagai instalasi farmasi yang melakukan manajemen pengelolaan obat dan vaksin sesuai standar.
– Penghargaan universal health coverage (UHC) presentasi tertinggi (95,83%) UHC penduduk terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tahun 2022
– Penghargaan Kabupaten bebas Frambusian
– Tersedianya mal pelayanan publik (MPP) Berkah Dayanan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat
– Sukses gelar Paragliding International Accuracy Open CAT-2 2023 di Bukit Berkah desa Momalia
– Sukses gelar Pileg dan Pilpres 2024 dengan aman dan lancar.
– Penghargaan terbaik IV Penurunan Stunting se-Sulut tahun 2023
– Penghargaan Anugerah Mapalus Pendidikan Prov. Sulut tahun 2023
– Penghargaan daerah inspiratif ajang Epilog Pusaka Kemendikbudristek 2023
– Terbaik I Anggaran DAK non fisik sub bidang KB (BOKB) 2023
– Terbaik II Pengelolaan DAK fisik tahun 2023
– Harapan I ajang penghargaan pembangunan daerah Prov. Sulut.
– Terbaik I Kepatuhan Penyetoran Iuran JKN se-Sulut tahun 2023.

Leave A Reply

Your email address will not be published.