Miliki Darah Minahasa, Berikut Profil Lengkap Mayjen TNI (Purn) YSK

0

MANADO – Tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 sedang bergulir, salah satu provinsi yang akan melaksanakan pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 adalah propinsi Sulawesi Utara.

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur pun mulai muncul ke permukaan setelah beberapa partai politik mengumumkan kandidat yang akan di usung, salah satunya adalah Partai Gerindra yang mengumumkan Mayjen TNI (Purn.) Yulius Selvanus Lumbaa Komaling (YSK) sebagai bakal calon Gubernur Sulawesi Utara yang berpasangan dengan Ir. Tatong Bara sebagai Calon Wakil Gubernur Sulut di pilkada serentak 2024. Berikut Profil YSK :

Kehudupan Pribadi Mayjen TNI (Purn.) Yulius Selvanus Lumbaa Komaling (YSK)

Yulius Selvanus Lumbaa Komaling (YSK) lahir di Toraja 16 September 1963 (60 tahun), ia memiliki ayah yang bernama Daud Lumbaa yang merupakan Anggota TNI yang berasal Tana Toraja Sulawesi Selatan dan memiliki Ibu bernama Gisye Komaling yang merupakan perempuan asli Minahasa yang berasal dari Kakas, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

YSK memiliki Isteri bernama Anik Fitri Wulandari dan dari pernikahan tersebut YSK dan Anik di karunia tiga orang anak.

Sosok YSK yang dikenal merupakan sosok yang tegas tapi Humanis, selain itu YSK dikenal sebagai orang yang relijius dan aktif dalam kegiatan Gereja.

Karir Mayjen TNI (Purn.) Yulius Selvanus Lumbaa Komaling (YSK).

Foto : Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa Komaling (YSK) saat masih aktif sebagai anggota TNI AD.

Setelah menyesaikan sekolah menengah atas YSK mengikuti jejak sang ayah untuk menjadi anggota TNI, YSK mendaftarkan diri di Akademi Militer dan berhasil lulus dari akademi Militer tahun 1988, setelah itu YSK memulai karirnya sebagai tentara di satuan Komando pasukan Khusus (Kopasus) bersama-sama dengan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto, YSK tercatat juga pernah menjadi Wakil Komandan Grup-1 Kopasus.

Setelah lama YSK bertugas di Kopasus kemudian ia di tugaskan menjadi Kepala Badan Intelejen Daerah Kepulauan Riau pada tahun 2016 – 2018, selanjutnya YSK menduduki jabatan sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada tahun 2018, setahun kemudian ia kembali di pindah tugaskan menjadi Komandan Korem 181/PVT Sorong Papua hingga tahun 2020.

Pada tahun 2020 YSK di ajak kembali oleh mantan Komandan nya di Kopasus yang saat itu menjabat sebagai menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan Kementerian Pertahanan hingga YSK purna tugas di sebagai anggota TNI pada tahun 2021.

Setelah purna tugas sebagai Anggota TNI, Jendral bintang dua ini ditunjuk oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjadi Asisten Khusus Menteri Pertahanan sejak 2021 dan masih menjabat hinggah saat ini.

Riwayat Pekerjaan :

  • Pama Komando Pasukan Khusus (Kopasus)
  • Wakil Komandan Grup-1 Kopasus (2010-2012)
  • Kabinda BIN Kepulauan Riau (2016-2018)
  • Staf Khusus KSAD (2018-2019)
  • Komandan Korem 181/PVT Sorong Papua (2019-2020)
  • Kabainstrahan Kemenhan (2020-2021)
  • Asisten Khusus Menteri Pertahanan (2021-Sekarang)

(GM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.